Comscore Tracker

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Bermain ke Wisata Alam Jogja! 

Ketahui musim yang terbaik saat wisata, agar kamu tak kecewa

Pengin jalan -jalan ke wisata alam yang ada di Jogja? Sebelum healing kamu perlu mempersiapkan berbagai hal, termasuk memilih waktu yang tempat. Butuh informasi untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk menikmati pemandangan yang kamu inginkan. Yuk, catat empat waktu terbaik sesuai tempat wisata alam di bawah ini. 

1. Melihat kabut di bulan November-April

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Bermain ke Wisata Alam Jogja! Unsplash/Aldino Hartan Putra

Ingin melihat pemandangan ala negeri di atas awan? Paling tepat datang saat kabut masih menutupi alam, yaitu sekitar bulan November-April. Syaratnya adalah di malam hari harus turun hujan, ya!

Ada banyak tempat di Jogja yang cocok untuk melihat kabut, di antaranya adalah Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Waduk Sermo, dan masih banyak lagi. Nah, sebaiknya datang pukul 05.00-06.00 WIB, karena waktu tersebut kabut masih tebal dan matahari sedikit menyembul. 

2. Air terjun di bulan November-Maret

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Bermain ke Wisata Alam Jogja! air terjun sri gethuk (instagram.com/cnlulaby)

Buat kamu si penyuka tantangan yang ingin mencoba wisata air ekstrem, waktu tepat untuk berkunjung adalah bulan November-Maret. Pasalnya, di bulan tersebut merupakan musim hujan sehingga debit air lebih deras daripada saat bulan lainnya.

Ada banyak air terjun terkenal di Jogja antara lain Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Kembang Soka, dan Kedung Pedut. 

Baca Juga: Syahdunya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi 

Baca Juga: 9 Pesona Tumpeng Menoreh, Spot Sunrise-Sunset Terbaik di Kulon Progo

3. Melihat sunset indah di bulan Agustus-September

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Bermain ke Wisata Alam Jogja! potret Puncak Becici (instagram.com/pesonaimogiri)

Ingin berburu matahari terbenam di Jogja? Coba pertimbangkan untuk datang di bulan Agustus-September. Pasalnya di bulan September telah memasuki musim kemarau sehingga cenderung cerah. Ufuk barat akan menyuguhkan momen matahari terbenam terbaiknya. 

Jangan bingung untuk memilih tempat terbaik melihat sunset di Jogja, ada banyak pilihan seperti Laut Bekah, Gunungkidul, Puncak Kayangan Surocolo, Bantul, atau Puncak Becici, Bantul. 

4. Sunrise menawan di bulan Agustus-Oktober

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Bermain ke Wisata Alam Jogja! Ilustrasi sunrise (IDN Times/Vanny El Rahman)

Sama halnya saat ingin mencari matahari terbenam, melihat sunrise atau matahari terbit sebaiknya datang pada bulan Agustus-Oktober. Saat musum kemarau sangat kecil peluang untuk terjadi hujan di pafi hari. 

Jangan lupa untuk datang di pagi hari, yaitu sekitar pukul 04.00 WIB. Rekomendasi wisata di Jogja yang punya pemandangan sunrise terbaik yaitu Waduk Sermo, Gunung Api Nglanggeran, sampai Pantai Jungwok yang hits

Setiap tempat wisata mempunyai waktu terbaik untuk dikunjungi. Jogja selalu siap menyambutmu kapan pun ingin datang dan berlibur. Yuk agendakan liburan dan ajak serta orang tersayang!

Baca Juga: 9 Wisata Air Terjun di Jogja, Adem dan Bikin Betah  

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya