Comscore Tracker

Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Jadi lokasi wisata favorit bule plesiran di Jogja!

Jogja menyimpan banyak keindahan alam nan eksotis, salah satunya adalah air terjun Sri Gethuk yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul. Kawasan yang teretakpaling timur di Daerah Istimewa Yogyakarata ini, memang tak hanya memiliki pesona wisata pantai, tapi juga air terjun hingga waduk. 

Salah satunya adalag air terjun Sri Gethuk yang cukup terkenal di kalangan wisatawan asing. Mau mampir ke lokasi wisata ini? Yuk simak informasi lokasi, harga tiket, dan tips berkunjung ke air terjun Sri Gethuk. 

1. Lokasi air terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsair terjun sri gethuk (instagram.com/dewiwangsa)

Lokasi Sri Gethuk memang lumayan jauh dari pusat kota, yaitu di Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul. Diukur dari Titik 0 Kilometer Kota Yogyakarta, maka untuk menuju tempat wisata ini adalah 38 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. 

Untuk sampai di Sri Gethuk, kamu harus menyusuri sungai Oyo, pasalnya lokasi air terjun berada tepat di tepi sungai. Susur sungai ini tidak berjalan kaki, tapi menggunakan rakit sederhana buatan warga dengan estimasi perjalanan lima belas menit. Asyik kan? 

2. Rute menuju Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsair terjun sri gethuk (instagram.com/dadhrr)

Sebelum memulai perjalanan menuju Air Terjun Sri Gethuk, pastikan kamu dalam keadaan sehat, bugar, dan tidak mengantuk. Rute menuju Air Terjun Sri Gethuk sebnarnya cukup mudah diingat.  Mulai dari Jalan Malioboro, kamu mengikuti rute ke selatan menuju Jalan Imogiri, lanjutkan perjalanan ke Jalan Dlingo sampai menemukan Jalan Playen Dlingo. Baru. Dari sini lokasi air terjun sekitar 6 kilometer lagi.

Baca Juga: 7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!

Baca Juga: 5 Wisata Gua di Gunungkidul, Yogyakarta, dengan Suasana Eksotis 

3. Harga tiket masuk

Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsair terjun sri gethuk (instagram.com/geoparkindonesia)

Tak perlu mahal untuk bisa mengunjungi air terjun megah ini. Tiket masuk hanya Rp15 ribu, ditambah Rp10 ribu per orang untuk naik rakit dan Rp5 ribu untuk parkir kendaraan. Jadi kisaran biaya yang perlu kamu keluarkan yaitu sekitar Rp30 ribu. 

4. Jam buka dan fasilitas yang tersedia

Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsair terjun sri gethuk (instagram.com/cnlulaby)

Jam buka tempat wisata mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB dan tidak pernah tutup. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi sampai siang hari, agar mendapatkan pemandangan yang menawan.  

Di tempat ini tak hanya berfoto saja, ada berbagai kegiatan seru misalnya flying fox dan berenang di kolam alami.Soal fasilitas, tempat ini juga memiliki toilet, musala, tempat makan, hingga parkir yang terjaga.

5. Tips berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsair terjun sri gethuk (instagram.com/christina_messner)

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mengunjungi air terjun Sri Gethuk, yaitu: 

  • Gunakan alas kaki yang aman, nyaman, dan tidak licin
  • Gunakan pakaian yang cepat kering
  • Membawa pakaian ganti supaya bebas main air
  • Jangan datang terlalu sore 
  • Hindari datang saat musim hujan 
  • Bawa wadah kedap air untuk menyimpan barang berharga

Jadi, sudah siap mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul? Jangan datang sendiri, karena tempat indah ini sangat sayang jika dinikmati tanpa orang tersayang. Selamat liburan!

Baca Juga: 10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri 

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya