Comscore Tracker

6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  

Warisan alam yang patut kita jaga bersama!

Di Indonesia setidaknya terdapat 6 geopark yang kini sudah menjadi destinasi wisata. Dilansir laman kemenparekraf.go.id, geoprak adalah kawasan yang memiliki unsur geologi dan masyarakat yang berada di sekitar kawasan turut berperan melindungi warisan alam tersebut.

Nah, 6 geopark yang telah menjadi wisata di Indonesia ini telah diakui keberadaannya oleh UNESCO, salah satunya ada di Kabupaten Gunungkidul , Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penasaran kan ada di mana saja, yuk simak di bawah ini!

1. Geopark Belitong - Bangka Belitung

6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  Geopark Belitong (instagram.com/roy_imantaka)

Belitong yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung punya pemandangan tebing granit yang memukau. Dengan luas mencapai 4.800 km persegi, ini adalah sebuah pulau yang menjadi rumah bagi 105 spesies fauna dan 566 flora. 

Salah satu tempat wajib di kunjungi di Belitong adalah Juru Seberang yang punya pantai dengan pasir putih juga hutan pinus. Kamu bisa melihat cara kerja nelayan tradisional atau mengunjungi Desa Kreatif Terong, Aik Rusa’ Berehun.

2. Ciletuh - Pelabuhan Ratu

6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  Ciletuh - Pelabuhan Ratu (instagram.com/ahmadnakatsu)

Pengin liburan sekalian cuci mata untuk melihat pemandangan hijau, pas banget nih buat kamu bertandang ke  geopark Ciletuh - Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Geopark yang satu ini diakui UNESCO pada tahun 2018 dan memiliki luas wilayah 126.000 hektare.

 Coba mulai perjalananmu dari pagi hari ke Puncak Derma yang hawanya menyegarkan, lanjut ke Curug Dogdog yang lokasinya hanya 1,5 km dari Puncak Derma. Mau lihat matahari terbenam juga bisa kok dari Pantai Palangpang!

3. Kaldera Toba - Sumatera Utara

6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  Kaldera Toba (instagram.com/lauranatalia19)

Termasuk new comers, geopark di Indonesia yang diakui UNESCO pada 2020 adalah Kaldera Toba di Sumatera Utara. Pemandangan di sini jelas mewah dengan perbukitan Danau Toba yang tiada dua. Selain itu, masyarakat yang masih erat mempertahankan kebudayaan menjadikan kawasan masuk dalam daftar kunjungan wisatamu. 

Di sekitar kawasan ini, terdapat wisata bernuansa alam lainnya. Misalnya Air Terjun Sipiso, kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak yang kanan dan kirinya hutan. Cocok lah untuk olahraga bersama keluarga! 

Baca Juga: 6 Tradisi Perayaan Idul Fitri yang Unik dari Berbagai Negara 

4. Gunung Rinjani - Lombok

6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  gunung rinjani (instagram.com/mf_sukran)

Siapa sih yang gak tahu kemegahan Gunung Rinjani? Berlokasi di Pulau Lombok dengan ketinggian 3.726 meter, Rinjani juga dikenal sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia, loh. Pesona gunung aktif ini bertambah dengan sebuah danau kawah bernama Segara Anak yang terletak 2000 mdpl dengan kedalaman 200 meter yang indah. Atau, kamu juga bisa naik gunung dari Danau Kawah, Sembalun Lawang, Sendang Gile, dan Aie Terjun Tiu Kelep. Meski sedikit melelahkan, tapi sensasi perjalanannya akan memukaumu. 

5. Gunung Batur - Bali

6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  gunung batur (instagram.com/zana_kelana)

Terletak di Bali, Gunung Batur menjadi geopark paling terkenal di Indonesia yang sudah diakui UNESCO. Lanskapnya dikelilingi dinding kaldera dan panorama vulkanik dengan kawasan yang kaya akan flora dan fauna. 

Geopark ini dikenal sebagai pusat konservasi berbagai hewan dan tumbuhan sehingga membantu ekonomi lokal melalui pariwisata berkelanjutan. Jangan lupa mengunjungi Museum Geopark Global UNESCO Batur sehingga kamu bisa belajar kombinasi geologi dan biologi di sana. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Spa di Jogja, Bikin Badan Segar dan Bugar

6. Gunung Sewu - Gunungkidul

6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  geopark gunung sewu (instagram.com/psdamto)

Geopark Gunung Sewu berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, memanjang di sepanjang pantai selatan dari Kabupaten Wonogiri sampai Kabupaten Tulungagung. Pegunungan Sewu ini terbentuk karena pengangkatan dasar laut yang terjadi ribuan tahun silam. 

Menurut laman kemenparekraf.go.id, geopark ini memiliki sekitar 40 ribu bukit karst sehingga mendapatkan predikat kawasan karst terpanjang di Jawa. Bahkan, jika ditotal geopark Gunung Sewu terdiri dari 33 situs warisan alam. Keren!

Adanya 6 geopark di Indonesia yang diakui UNESCO di atas menjadi penambah kebanggaan sebagai warga Indonesia. Gak cuma makanan enak, orang-orang yang ramah, tapi juga memiliki pesona alam yang gak ternilai. Jadi, kapan nih kamu mau jalan-jalan?

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya