Comscore Tracker

Info Wisata Sekaten 2022: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Jangan sampai gak mampir ke Sekaten tahun ini, ya!

Digelar 16 September-16 Oktober 2022, Pasar Sekaten tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain lokasinya yang berbeda, namanya juga menjadi Pasar Rakyat Jogja Gumregah. Namun, tentunya wisata ini gak kalah semarak karena selama dua tahun sebelumnya Sekaten ditiadakan karena pandemik COVID-19.

Buat kamu yang berdomisili atau akan ke Yogyakarta dalam waktu dekat, jangan lupa buat mampir ke Sekaten bulan ini, ya. Berikut info lokasi, harga tiket, dan tips berkunjungnya supaya kamu makin seru buat bermain!

1. Lokasi dan Rute Sekaten 2022

Info Wisata Sekaten 2022: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsKemeriahan Pasar Rakyat Jogja Gumregah, Minggu (18/9/2022). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Jika biasanya Sekaten Yogyakarta diadakan di Alun-alun Utara, tahun ini diadakan di Eks Kampus STIEKERS yang tepatnya beralamat di Perwita Regency, Jalan Parangtritis Km 3, 7, Blok A1, Randubelang, Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun terbilang jauh dari pusat kota atau lokasi awal diadakan, rute menuju lokasi Sekaten Yogyakarta tidak sulit buat dijangkau. Yaitu rute menuju kampus lama STIEKERS.
Apabila kamu memulai perjalanan dari arah Jalan Malioboro atau dari Alun-alun Utara, bisa berkendara ke arah timur sampai melewati pertigaan Dagadu, lalu belok kiri meninggalkan kawasan Alun-alun Utara.

Terus melaju lurus hingga ke pertigaan Pojok Beteng Lor Wetan, lalu ambil kanan pada pertigaan lampu merah. Terus lurus menuju perempatan lampu merah Pom Bensin Jogokariyan dan lanjut terus lurus melewati perempatan. Nantinya, lokasi Sekaten Yogyakarta 2022 berada di sisi kiri jalan.

2. Jam buka Sekaten 2022

Info Wisata Sekaten 2022: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsSekaten di Yogyakarta (instagram.com/arbiarso)

Banyak yang menyebut Sekaten sama halnya dengan pasar malam karena cenderung lebih ramai saat malam hari. Walau begitu, kami bisa datang kapan saja selama Sekaten 2022 karena buka 24 jam. Meskipun begitu, biasanya wahana permainan memang baru dibuka menjelang sore sampai tengah malam saja.

Jika hanya punya waktu pagi sampai siang, kamu tetap bisa kok berkeliling di area Sekaten. Ada banyak stan yang buka dari pagi hari sehingga kamu bisa belanja pakaian, kerajinan tangan, sampai jajan enak walau tak bisa naik wahana.

Baca Juga: Obat Kangen Sekaten, Ribuan Orang Nikmati Pasar Rakyat Jogja Gumregah

3. Harga tiket dan wahana permainan di Sekaten 2022

Info Wisata Sekaten 2022: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsKemeriahan Pasar Rakyat Jogja Gumregah, Minggu (18/9/2022). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Ini dia yang paling banyak ditunggu-tunggu dari Sekaten 2022, apalagi kalau bukan wahana permainannya! Setidaknya ada 6 wahana permainan yang bisa kamu jajal, mulai dari yang cocok buat anak-anak seperti bianglala dan bom-bom car, sampai yang menegangkan seperti rumah hantu, tong setan, dan kora-kora.

Setiap wahana permainan memiliki harga tiket dan durasi permainan yang berbeda-beda. Setidaknya kamu perlu mempersiapkan Rp10 ribu-Rp25 ribu per wahana. Murah meriah, sudah bikin hati bungah!

4. Tips berkunjung ke Sekaten 2022

Info Wisata Sekaten 2022: Lokasi, Harga Tiket, dan TipsKemeriahan Pasar Rakyat Jogja Gumregah, Minggu (18/9/2022). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Setelah lama tidak menikmati pesta rakyat seperti Sekaten 2022 ini, pasti menyenangkan ya bisa berjumpa dengan banyak orang seperti sedia kala. Namun ingat buat selalu menjaga barang bawaan sendiri supaya tidak terjadi kehilangan akibat tangan-tangan usil.

Kemudian, lebih menyenangkan datang saat sore hari karena matahari sudah tidak terlalu terik, tapi banyak wahana permainan yang sudah dibuka sehingga tetap bisa main. Pun jika sore, belum terlalu berdesakan dengan pengunjung lain sehingga bisa lebih leluasa bermain. Gak kalah penting, jika mengajak anak-anak sebaiknya selalu perhatikan dan jangan biarkan sendirian, ya!

Yuk, segera agendakan buat datang ke Sekaten 2022! Ajak saudara atau orang tersayang yang lain supaya main lebih menyenangkan menikmati wahana-wahana yang ada. Selamat bersenang-senang!

Baca Juga: [FOTO] Meriahnya Pasar Malam Sekaten Yogyakarta, Wajib Datang! 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya