TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Candi Kalasan Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Lokasinya tak terlalu jauh dari Candi Sari dan Prambanan

Candi Kalasan (Pixabay.com/ismailmjihad)

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan wilayah yang memiliki beragam destinasi wisata. Selain memiliki pantai terkenal, Jogja juga memiliki banyak candi megah. Salah satunya adalah Candi Kalasan.

Terletak di tengah pemukiman warga di Kabupaten Sleman, Candi Kalasan menjadi destinasi wisata sejarah dan seni yang tak boleh dilewatkan saat ke Kabupaten Sleman. Letaknya cukup strategis karena berdekatan dengan Candi Prambanan dan Candi Sari. 

Memiliki arsitektur indah dengan relief dan arca menghiasi hampir seluruh bangunan candi, membuat banyak wisatawan jatuh cinta dan betah berlama-lama di sini. Ingin berkunjung ke Cand Kalasan, yuk simak dulu beberapa informasi seputar Candi Kalasan.

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Candi Kalasan (instagram.com/mgm_bt_trip)

Lokasi : Jalan Yogya-Solo KM 13, Kalibening, Kalurahan Tirtomartani, Kapanewon Kalasan, Sleman, 
Jam buka : setiap hari buka mulai jam 08.00-17.00 WIB
Harga tiket : Rp5 ribu  

Baca Juga: Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Baca Juga: Lesung Cafe and Resto, Tempat Makan Alam Dekat Candi Ijo Jogja

2. Rute menuju Candi Kalasan

Pixabay ismailmjihad

Terletak di Sleman, kawasan wisata Candi Kalasan cukup mudah dijangkau baik dengan transportasi umum maupun pribadi. 

Bila kamu berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, cukup naik bus Trans Jogja atau bus jurusan Yogya-Solo turun di wilayah Kalasan. 

3. Fasilitas yang tersedia

Candi Kalasan (instagram.com/azizidoel)

Selain melhat kemegahan Candi Kalasan, kamu bisa berlama-lama duduk di sekitar candi. Banyaknya pohon rindang membuat wisatawan dapat berlama-lama duduk sambil dan menggelar tikar serta makan di sekitar candi. 

Fasilitas yang trersedia cukup lengkap seperti musala dan toilet yang bisa digunakan wisatawan secara gratis. Lahan parkir juga terbilang cukup luas untuk menampung kendaraan wisatawan.

4. Aktivitas menyenangkan di kawasan Candi Kalasan

Candi Kalasan (instagram.com/nana.podungge)

Candi Kalasan didirikan pada masa Kerajaan Mataram Kuno tepatnya saat Raja Rakai Panangkaran berkuasa. Candi ini dibangun sebagai wujud penghormatan kepada Dewi Tara yang merupakan dewi kebijaksanaan Umat Budha.

Bangunan candi ini memiliki tinggi kurang lebih 34 meter dengan luas 45 x 45 meter. Di sekitar candi dikelilingi rumput hijau yang tumbuh subur dan terawat. Masuk ke dalam candi, terdapat dua pintu masuk yaitu sisi Barat dan Timur. 

Saat berada di Candi ini, kita bisa belajar sejarah dan mengagumi arsitektur candi yang megah dan indah. Selain itu kamu bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang Candi Kalasan. Meski berada di tengah pemukiman warga, tak mengurangi keindahan dan kemegahan candi yang sudah berumur ribuan tahun ini 

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya