TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pantai Watu Lumbung Gunungkidul: Lokasi, Rute dan Tips Berlibur 

Pantai di Gunungkidul dengan hiasan batu besar yang memikat

potret Pantai Watu Lumbung (instagram.com/exploregunungkidul_)

Kabupaten Gunungkidul dikenal dengan wisata pantainya yang menawan. Layaknya pulau Dewata, Gunungkidul memiliki puluhan pantai nan eksotis dan memanjakan mata. Salah satunya adalah Pantai Watu Lumbung 

Watu Lumbung dihiasi bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai. Konon bebatuan yang tersebar ini merupakan hasil erupsi gunung api purba ratusan tahun silam. Nah penasaran kan? Berikut lokasi, rute hingga pesona Watu Lumbung yang wajib masuk rencana perjalanan wisatamu.

1. Lokasi, jam operasional dan harga tiket

Pantai watu lumbung (googlemaps)

Lokasi : Hutan Balong, kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Jam operasional :24 jam

Harga tiket : Rp5 ribu. Tarif parkir motor Rp3 ribu dan mobil pribadi Rp10 ribu.

Baca Juga: 6 Pesona dan Daya Tarik Pantai Ngrumput Gunungkidul, Memesona!

2. Rute menuju pantai

Watulumbung (instagram.com/yudha_kp14)

Rute menuju Watu Lumbung membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Yogyakarta. Langsung saja kamu arahkan kendaraan menuju Alun-alin kota Wosorai, Gunungkidul, kemudian menuju kecamatan Semanu. Sampai di pertigaan Jalan Pantai Selatan Girisubo, ikuti jalan menuju Pantai Wedi Ombo. Lurus terus hingga menemukan penunjuk arah ke Watu Lumbung. Pantai ini berada di sebelah Barat Pantai Wedi Ombo.

3. Fasilitas yang tersedia

Watulumbung (instagram.com/ragilwandov)

Seiring ramainya pengunjung, mulai tersedia banyak warung dan toilet. Serta tersapat lahan yang cukup luas sebagai tempat parkir. Pantai Watu Lumbung juga cocok dijadikan lokasi untuk camping atau berkemah.

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Pantai Sundak Gunungkidul, Coba Semua!

5. Pesona Watu Lumbung beda dari pantai lainnya

Watulumbung (instagram.com/rohid.naufall_)

Karakteristik batu karang Watu Lumbung menjadi daya tarik tersendiri. Meski gak bisa bermain air seperti berenang, namun tempat ini memberikan pengalaman berbeda dari pantai lainnya.

Di pantai ini terdapat dua buah batu sebagai maskot utama. Batu terbesar bernama Watu Lumbung bentuknya menyerupai bangunan lumbung. Dua batu inilah yang paling sering dijadikan tempat berfoto para wisatawan.

Kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di sini adalah berburu foto, memancing dan kegiatan outbond hingga kemah.

Verified Writer

Rama Dhanila

Hiiii~~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya