TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pantai Peyuyon Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Pantai pasir putih yang diapit oleh dua perbukitan indah

Pantai Peyuyon (Instagram.com/journey_traveling)

Gunungkidul menawarkan beragam destinasi wisata alam memesona yang layak untuk dikunjungi. Kawasan Gunungkidul menyimpan banyak surga tersembunyi berupa deretan wisata bukit, pegunungan, taman, gua, hingga pantai yang indah.

Ada salah satu pantai hits yang indah dan tersembunyi, yaitu Pantai Peyuyon. Pantai ini masih sepi dan menyuguhkan view indah nan eksotis yang cocok untuk tempat berlibur. Berikut ini informasi terkait Pantai Peyuyon yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berlibur ke sini, yuk simak!

1. Lokasi Pantai Peyuyon, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Peyuyon (Instagram.com/gunungkidul.scenery)

Lokasi: Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Jam operasional: Buka 24 jam 

Harga tiket: Rp5 ribu

  • Parkir motor: Rp2 ribu 
  • Parkir mobil: Rp5 ribu

Baca Juga: Pantai Torohudan Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

2. Rute menuju lokasi

Dari Kota Yogyakarta kamu bisa berkendara menuju ke Jalan Wonosari (Ringroad Ketandan) – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading (lapangan terbang) – pertigaan Gading ambil arah kanan menuju Playen – Pasar Playen – menuju arah Paliyan – Pasar Paliyan ke selatan – sampai Puslatpur TNI terus lurus ke selatan – Saptosari – Pasar Trowono – ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Ngrenehan – sebelum sampai di Ngrenehan, kamu bisa mengambil arah menuju ke Pantai Widodaren – terus ikuti petunjuk arah hingga sampai di Pantai Peyuyon.

Dari Pantai Ngrenehan kamu akan melewati akses jalan dengan medan yang berupa batuan kapur yang cukup terjal dengan deretan hutan jati di kanan dan kiri jalan. Setelah sampai di area parkir Pantai Peyuyon, kamu masih harus berjalan sekitar 500 m untuk tiba di Pantai Peyuyon.

Setelahnya tiba di Pantai Peyuyon, kamu harus menuruni tebing setinggi kurang lebih 4 m dengan melalui tangga kayu sederhana. Setelah itu kamu akan langsung berada di bibir Pantai Peyuyon.

3. Fasilitas yang tersedia untuk wisatawan

Pantai Peyuyon (Instagram.com/visitdiy)

Walaupun merupakan destinasi wisata hidden gem, Pantai Peyuyon telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang bisa pengunjung gunakan saat berada di sini, di antaranya:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet
  • Tempat istirahat
  • Warung makan
  • Area memancing
  • Area camping

Namun untuk tempat persewaan alat pancing atau lainnya belum tersedia. Jadi jika kamu ingin memancing, usahakan untuk mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu dari rumah ya!

4. Pesona keindahan Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon (Instagram.com/kotawonosari)

Pantai Peyuyon merupakan destinasi wisata tersembunyi yang letaknya berdekatan dengan Pantai Widodaren. Tepatnya di sebelah timur Pantai Widodaren atau di antara Pantai Widodaren dan Pantai Mboyo. Pantai Peyuyon memiliki keindahan alam yang sangat menawan.

Pesona dari Pantai Peyuyon tak kalah apik dengan pantai-pantai di deretan Gunungkidul yang telah populer sebelumnya. Selain itu, pantai ini juga diapit oleh pegunungan khas Gunungkidul yang membuat pantai ini tersembunyi dan menjadi hidden gem yang menarik. Pada setiap bibir pantai ini dihiasi oleh tanaman pohon pandan dan pepohonan yang rimbun yang membuat area Pantai Peyuyon semakin asri dan sejuk bahkan di siang hari.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki dua tebing menjulang di kedua sisi pantai yang juga tak kalah eksotis. Lokasi ini sering kali dijadikan sebagai spot foto menarik oleh wisatawan. Hal menarik lainnya yang bisa kamu temukan di pantai ini adalah cekungan goa di tebing sebelah barat pantai. Tempat ini biasanya juga dijadikan sebagai area camping oleh wisatawan saat berkunjung di Pantai Peyuyon lho!

Baca Juga: Potrobayan River Camp, Sensasi Berkemah di Tepi Sungai

Verified Writer

Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya