Comscore Tracker

Wisata Watu Goyang: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan

Terdapat taman bunga yang indah dan menyegarkan

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang menawarkan banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata budaya, kuliner, hingga alamnya yang sangat memukau.

Salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan alam memukau yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke Jogja adalah objek wisata Watu Goyang. Penasaran seperti apa destinasi wisata satu ini? Berikut ini beberapa informasi terkait tempat wisata yang bisa kamu jadikan panduan untuk berlibur. Yuk, sinak ulasannya!

Baca Juga: Wisata Bukit Mojo Gumelem: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Watu Goyang: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanWisata Watu Goyang (Instagram.com/watugoyang)

Lokasi: Dukuh Cempluk, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

 Jam operasional: Buka 24 jam.

 Harga tiket: Untuk masuk ke kawasan wisata Watu Goyang ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan di Watu Goyang yaitu:

  • Sepeda motor: Rp3 ribu
  • Mobil: Rp7 ribu
  • Minibus: Rp15 ribu
  • Bus: Rp20 ribu

2. Rute menuju wisata Watu Goyang Yogyakarta

Wisata Watu Goyang: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanWisata Watu Goyang (Instagram.com/pesonajogja)

Dari pusat Kota Yogyakarta:

Jika kamu dari pusat Kota Jogja, kamu bisa menuju ke arah Timur melalui Jalan Pangurakan, lalu ke arah selatan melewati Jalan Brigjend Katamso, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, teruslah berjalan lurus ke Jalan Imogiri Barat, sampai pertigaan ke arah timur melewati Jalan Bakulan Imogiri, kemudian lurus terus melewati Jalan Makan Raja, sampai pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Imogiri–Dlingo, sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Watu Goyang. Jika sudah berada di Jalan Watu Goyang, ikuti terus jalan hingga kamu sampai di Watu Goyang.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Watu Goyang berkisar 18,8 km dan memerlukan waktu tempuh sekitar 40 menit. Namun, perjalanan untuk ke puncak akan memakan waktu kurang lebih 10-15 menit. Perjalanan ini pastinya akan cukup untuk menguras tenaga jadi pastikan tubuh dalam keadaan fit.

3. Fasilitas yang tersedia di wisata Watu Goyang Yogyakarta

Wisata Watu Goyang: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanWisata Watu Goyang (Instagram.com/wisatayogyakartahits)

Wisata Watu Goyang telah memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan memadai berkat pembangunan dari pengelola, masyarakat setempat, dan juga pemerintah. Di antaranya toilet umum, musala, warung makan, gazebo, tempat parkir yang luas, balai pertemuan, dan yang paling penting: Spot foto kece.

Dengan beragam fasilitas di atas tentu akan membuat kunjungan semakin nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Wisata di Bukit Panguk Kediwung: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips liburan

4. Pesona wisata Watu Goyang Yogyakarta

Wisata Watu Goyang: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanWisata Watu Goyang (Instagram.com/explore.bantul)

Watu Goyang memiliki keunikan yang menjadi daya tarik dari wisata ini. Di sini terdapat batu raksasa yang memiliki stuktur yang memuat tonjolan-tonjolan yang unik. Selain itu, Watu Goyang juga menyuguhkan pemandangan alam yang masih hijau dengan pesona perbukitan yang masih alami.

Dari puncak Watu Goyang, pengunjung akan merasakan sejuknya udara, terutama pada pagi hari. Ketika siang hari, meskipun cuaca panas, di puncak ini masih terasa embusan angin sepoi-sepoi yang akan menyegarkan pikiranmu.

Selain itu, jika kamu datang saat pagi hari maka kamu akan bisa melihat kabut seperti negeri di atas awan. Di sisi lain, jika kamu datang di sore hari maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan lukisan yang memukau di atas langit ujung barat yaitu sunset yang indah karena Puncak Watu Goyang ini terletak persis menghadap dengan langsung ke arah barat.

Watu Goyang juga memiliki taman bunga yang cantik yang berupa hamparan kebun bunga matahari dan bunga-bunga lainnya yang terlihat segar. Spot ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk pengunjung yang ingin berfoto di kebun bunga ini. Selain kebun bunga, masih terdapat banyak spot foto yang cantik dan estetik yang sayang untuk dilewatkan.

5. Tips liburan seru

Wisata Watu Goyang: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanWisata Watu Goyang (Instagram.com/jogjaimages)

Buat kamu yang berencana untuk datang dan berlibur di wisata Watu Goyang yang ada di Bantul, Yogyakarta ini, berikut ini ada beberapa tips liburan seru dan menyenangkan yang bisa kamu jadikan referensi!

  • Datanglah saat cuaca cerah, jangan datang saat hujan maupun mendung karena akan mengurangi keindahan pemandangan dari wisata Watu Goyang.
  • Pastikan tubuh fit, karena untuk sampai ke puncak harus melalui jalan yang cukup terjal.
  • Datanglah di pagi atau sore hari agar cuaca tidak terlalu panas.
  • Jangan lupa gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Pakailah alas kaki dan pakaian yang nyaman.

Wisata Watu Goyang menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk mengisi waktu liburanmu. Pesona dan keindahan yang ditawarkan akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Bagaimana, kamu tertarik datang?

Baca Juga: Puncak Pinus Becici: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Wisata

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya