Comscore Tracker

6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!

Keunikannya membuat pantai ini ramai pengunjung

Gunungkidul terkenal dengan pantai berpasir putih yang menawan. Pantai Ngandong adalah salah satunya yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini memiliki banyak keunikan yang menajdi daya tarik wisatawan untuk dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan.

Salah satu daya tarik utama di Pantai Ngandong adalah pantai ini memiliki garis pantai yang landai dan eksotis. Selain itu, masih banyak daya tarik dari Pantai Ngandong yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berlibur ke sini. Daripada penasaran, yuk simak, daya tarik apa saja yang ada di Pantai Ngandong!

Baca Juga: 10 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul, Pemandangannya Eksotis!

1. Pantai Ngandong memiliki bukit karang di pinggir pantai

6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!potret Pantai Ngandong (Instagram.com/paualarco)

Salah satu pesona dari wisata Pantai Ngandong adalah adanya bukit karang di tepi pantai yang membuat pantai ini tak hanya berisi air dan pasir saja. Di sini, terdapat dua bukit karang yang terletak di samping kanan dan kiri pantai.

Bukit karang tersebut juga dipenuhi dengan tumbuhan serta pepohonan hijau yang membuat tampilannya segar dan lebih eksotis, cocok untuk spot foto yang instagramable.

Selain kedua karang tersebut, ada sebuah batu karang yang cukup besar dan tinggi yang terletak di tengah-tengah laut dekat pinggir pantai. Batu karang ini seperti sebuah pulau tandus yang mengambang di atas air karena pada saat air pasang terlihat seperti melayang di atas air.

2. Warna pasir pantai dan air laut yang sangat cantik dan memukau

6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!potret Pantai Ngandong (Instagram.com/paualarco)

Selain memiliki bukit karang yang memesona, Pantai Ngandong juga memiliki air laut yang sangat bening dengan pasir putih. Tak hanya bening, warnanya ini jika dilihat akan ada perpaduan dari dua warna, yakni biru toska dan hijau emerald. Saat cuaca sedang panas dan air sedang pasang, maka tampilan gradasi dari air laut akan terlihat sangat cantik. 

Selain warna air lautnya yang memesona, pantai ini memiliki pasir putih yang indah. Pihak pengelola menjaga dengan baik Pantai Ngandong sehingga pantai ini bersih dari sampah dan kotoran. Saat bagian pinggir pantai tersapu ombak, pasir putihnya akan berubah menjadi warna krem atau sedikit kecokelatan sehingga menciptakan gradasi warna yang indah.

3. Terdapat sumber air tawar di dalam laut

6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!potret Pantai Ngandong (Instagram.com/paualarco)

Keunikan lain yang bisa menjadi daya tarik dari Pantai Ngandong adalah adanya sebuah fenomena alam yaitu sumber air tawar di dalam laut. Keunikan ini bisa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Jadi, di dekat salah satu bukit karang ada sumber air tawar yang mengalir dari dalam laut. Uniknya, saat kamu melihatnya dari dekat, sumber mata air tersebut seolah mendidih karena ada gelembung-gelembung yang keluar dari dalamnya.

Baca Juga: Pantai Greweng Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

4. Batu karang kehijauan saat air laut surut

6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!potret Pantai Ngandong (Instagram.com/nnurika)

Masih dengan batu karang, di bawah Pantai Ngandong ternyata ada banyak bebatuan karang yang terlihat indah saat air laut surut. Bebatuan karang ini ditumbuhi dengan lumut dan rumput laut.

Inilah yang membuat tampilan pantai menjadi berbeda ketika air laut surut. Biasanya para wisatawan akan berburu foto eksotis dengan latar batu karang yang indah ini.

5. Menelusuri bawah laut dengan snorkeling

6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!potret snorkeling di Pantai Ngandong (Instagram.com/rositahasugian)

Daya tarik lainnya yang ada di pantai ini adalah adanya aktivitas snorkeling dan diving yang menarik untuk dicoba. Selain berenang, kamu juga bisa melakukan aktivitas menantang namun seru seperti snorkeling hingga diving lho.

Pantai Ngandong sangat cocok menjadi lokasi untuk snorkeling maupun diving karena memiliki air laut jernih sehingga kamu bisa melihat pemandangan bawah laut dengan leluasa.

6. Mempunyai garis pantai yang landai dan eksotis

6 Daya Tarik Pantai Ngandong Gunungkidul, Cantik Pol!potret Pantai Ngandong (Instagram.com/mahfudwahyu)

Salah satu keunikan dan ciri khas dari Pantai Ngandong yaitu memiliki bentuk pantai yang indah karena memiliki garis pantai yang landai dan eksotis. Bentuk garis pantai yang memukau itu membuat pengunjung lebih aman untuk bermain-main di tepi lautan.

Selain itu, juga terdapat banyak pohon cemara udang di sekitar pantai yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh oleh pengunjung. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang memburu spot foto estetik.

Dengan beragam daya tarik dan keunikan yang diberikan dari wisata ini, membuat Pantai Ngandong menjadi destinasi wisata yang pas untuk melakukan segala aktivitas di hari libur lho. Kamu sudah pernah datang ke sini?

Baca Juga: 5 Wisata Hidden Beach Gunungkidul, Berasa Pantai Pribadi

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya