Comscore Tracker

3 Tips Mudah Mengelola Website untuk  Memperluas Branding Bisnismu

Salah satunya, memilih CMS yang simple dan praktis

Yogyakarta, IDN Times - Membuat situs web pribadi sekarang semakin mudah. Bahkan, situs pribadi bisa mendatangkan banyak manfaat, terutama buat kamu yang sedang merintis bisnis dan membutuhkan promosi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Head of Product Niagahoster, Wayan Cahyono mengatakan sekarang pemanfaatan website tidak hanya digunakan oleh pelaku bisnis atau perusahaan besar.

"Perseorangan kini juga bisa memiliki sebuah website dengan mudah. Website memang masih menjadi senjata ampuh dalam menjangkau audiens di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya," ungkap Cahyono di acara Community and Media Gathering Niagahoster, Kamis (15/8).

Lalu, apa, sih, yang harus dilakukan supaya website menjadi media promosi dan pemasaran yang tepat?

1. CMS yang praktis dan mudah dikelola

3 Tips Mudah Mengelola Website untuk  Memperluas Branding Bisnismupixabay.com/377053

Bagi pemula, tidak sedikit yang berpikir bahwa membuat website itu sulit. Kenapa? Tidak dipungkiri banyak platform penyedia Content Management System (CMS) yang menawarkan fitur-fitur yang sulit dikelola oleh penggunanya.

"Ada banyak platform yang menawarkan pengelolaan konten dengan mudah, salah satunya Wordpress," ungkap Wayan.

Wayan mengungkapkan banyak orang memahami Wordpress sekadar platform untuk membuat blog gratis di internet. Padahal, platform ini juga bisa menjadi software pengelola konten yang dapat digunakan untuk mempublikasikan konten di website.

"CMS Wordpress memberikan fitur yang mudah dikelola penggunanya. User tidak memerlukan lagi kemampuan teknis yang tinggi untuk membuat dan mengelola website," jelas Wayan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Website Buat Belajar Bahasa Korea

2. Wordpress merupakan software CMS terpopuler

3 Tips Mudah Mengelola Website untuk  Memperluas Branding Bisnismupixabay.com/Stocksnap

Sesuai dengan kebutuhannya, website memiliki fungsi yang beraneka ragam bagi masyarakat. Bagi pemilik, website berfungsi sebagai media pemasaran hingga memperkuat kredibilitas perusahaan atau individu.

Tentunya, ini juga akan memberikan dampak positif bagi popularitas website yang kamu buat, baik untuk media promosi usaha, maupun portofolio personal. Wayan mengungkapkan Wordpress merupakan aktor di belakang 34 persen seluruh website di dunia.

"Platform ini juga menguasai lebih dari 60 persen CMS global. Untuk itu, kenapa kami merekomendasikan dan mendukung pengembangan Wordpress untuk kebutuhan website," papar Wayan.

3. Pengelolaan konten yang rutin

3 Tips Mudah Mengelola Website untuk  Memperluas Branding Bisnismupexels/rawpixel

Website menjadi salah satu media penting untuk menampilkan portofolio produk atau konten yang ingin dipublikasikan kepada pembaca atau calon konsumen. Namun, Wayan memaparkan tidak sedikit dari website yang pada akhirnya tidak memberikan manfaat signifikan kepada pemiliknya.

"Kenapa? Ada beberapa alasan, tapi yang utama adalah persoalan maintenance yang dilakukan secara rutin," ungkap Wayan.

Pengelolaan situs yang dilakukan secara berkala dan rutin, akan menjadikan website menjadi media yang strategis untuk berpromosi memperluas pasar. Namun, apabila tidak dikelola dengan rutin, bahkan konten website tidak pernah diperbarui, maka website tersebut juga tidak akan memberikan pengaruh bagi bisnis yang dijalankan.

"Kesulitan atau kendala mereka pelaku usaha selama ini dalam memanfaatkan website, adalah maintenance. Bahkan, ada yang hanya sekadar punya, tapi tidak dikelola rutin," papar Wayan.

Itu dia beberapa tips mengelola website untuk memperluas branding baik personal maupun bisnis. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa segera kamu terapkan!

Baca Juga: 10 Website Keren Ini Wajib Kamu Kunjungi, Punya Fungsi yang Unik Loh!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya