Comscore Tracker

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang Diretas

Yuk, langsung terapkan sekarang juga!

WhatsApp masih menjadi aplikasi perpesanan paling populer di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna. Di Indonesia saja, jumlah penggunanya mencapai 88 persen penduduk, lho!

Dengan jumlah pengguna yang amat banyak, tak heran jika sering terjadi upaya peretasan terhadap akun WhatsApp seseorang. Nah, dilansir The Indian Express, berikut ini beberapa cara mengamankan WhatsApp milikmu agar gak gampang diretas orang gak bertanggung jawab! 

1. Mengaktifkan verifikasi dua langkah

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang DiretasTangkapan layar two-steps verification WhatsApp. (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Salah satu cara paling mudah mengamankan akun WhatsAppmu agar gak mudah diretas adalah dengan mengaktifkan fitur two-step verification (verifikasi dua langkah). Fitur ini sudah tersedia di dalam aplikasi WA membantu menambahkan lapisan pengaman ekstra dengan PIN saat login akun WA milikmu.

Cara untuk mengaktifkannya:

  1. Buka pengaturan WhatsApp (Settings)
  2. Ketuk Account > Two-steps verification > Enable.
  3. Masukkan PIN 6 digit.
  4. Masukkan alamat email yang bisa kamu akses. Langkah ini bisa dilewati, tetapi email diperlukan untuk mereset verifikasi dua langkah dan mengamankan akunmu.
  5. Konfirmasi alamat email dan ketuk Simpan atau Selesai.

Baca Juga: Cara Menggunakan Emoji Reaction di WhatsApp, Fitur Baru!

2. Mengaktifkan notifikasi keamanan

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang DiretasTangkapan layar menu Security Notification WhatsApp. (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Notifikasi keamanan (security notification) WhatsApp memungkinkanmu untuk mengetahui jika chat-mu berisiko bocor ke pihak ketiga. WhatsApp menerapkan enkripsi end-to-end antara dua perangkat yang sedang berkomunikasi. Jika salah satu akun berpindah ke perangkat baru, sebuah peringatan terkait perubahan itu akan dikirim ke semua chat.

Jadi, ketika akun WhatsAppmu diretas, kontakmu akan mengetahuinya jika mereka mengaktifkan fitur ini. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Settings > Account > Security > Nyalakan "Show security notifications on this phone".

3. Cek tautan yang mencurigakan

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang DiretasTangkapan layar ScanURL. (scanurl.net)

Link atau tautan berbahaya menjadi ancaman tak hanya bagi akun WhatsApp, tetapi  juga platform komunikasi lainnya. Terkadang, tautan ini dikirim oleh kenalanmu yang mungkin menjadi salah satu korbannya. Apalagi, tautan semacam ini sering kali sukar dibedakan dengan pesan biasa.

Nah, untuk menghindarinya, kamu bisa mengecek tautan yang diterima lewat situs pengecek seperti ScanURL, PhishTank, dan Norton Safe Web. Caranya, tekan agak lama pada tautan untuk menyalinnya lalu tempel pada situs pengecek di atas. Tapi, hati-hati, jangan sampai kamu tanpa sengaja justru mengetuk link tersebut, ya!

4. Segera logout ketika kamu kehilangan ponsel

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang Diretasilustrasi SIM Card (pixabay.com/tomekwalecki)

Saat smartphone milikmu hilang, data-data di dalamnya bisa disalahgunakan oleh orang yang gak bertanggung jawab, termasuk akun WhatsApp milikmu. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan mereset ponselmu lewat fitur Find My Phone.

Selain itu, kamu juga bisa segera me-logout akun WhatsApp dari ponsel lama. Caranya, segera blokir kartu SIM lamamu dan minta penggantian kartu SIM di gerai seluler terdekat. Kemudian, login WhatsApp dengan nomor yang sama dari kartu SIM baru. Hal ini otomatis me-logout akun WA-mu di ponsel yang hilang.

5. Pakai foto profil yang berbeda

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang DiretasIlustrasi foto profil WhatsApp (IDN Times/Paulus Risang)

Foto profil yang terkesan sepele ternyata bisa mengungkap lebih banyak detail tentangmu, lho. Jika kamu menggunakan foto profil WhatsApp yang sama dengan akun Facebook atau LinkedIn, orang bisa dengan mudah mengecek nama dan tempatmu bekerja.

Namun, hal ini ini bisa dicegah dengan cara yang mudah. Selain menyembunyikan foto profil WA dari orang asing, kamu juga bisa menggunakan foto profil unik yang tak kamu gunakan di platform media sosial lainnya.

6. Sembunyikan WhatsApp Media di galeri ponsel

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang DiretasTangkapan layar Media Visibility WhatsApp. (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Lewat WhatsApp, kita setiap hari berkirim foto dan video yang sering kali berhubungan dengan pekerjaan hingga yang privat. Oleh karena itu, agak bahaya jika orang lain bisa mengintip isi media WhatsAppmu.

Untuk mencegahnya, kamu bisa menyembunyikan gambar, video, dan GIF dari WhatsApp pada galeri ponselmu. Caranya, masuk ke menu Settings > Chats > Media Visibility dan matikan.

Setelahnya, kamu hanya bisa mengakses file media WhatsApp langsung dari aplikasi tersebut. Di galeri ponsel, file-file tersebut takkan ditampilkan.

7. Logout WhatsApp Web saat tak digunakan

7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang DiretasTangkapan layar WhatsApp Web. (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

WhatsApp Web merupakan fitur yang sangat praktis untuk berkoordinasi dengan rekan kerja lewat laptop atau komputer kantor. Namun, kamu juga berisiko mengekspos data-data WhatsAppmu jika ada orang lain menggunakan komputer tersebut. Ini karena WhatsApp Web langsung login setiap kali kamu membuka peramban.

Untuk mencegah hal tersebut, jangan lupa logout WhatsApp Web dari komputer umum ketika gak kamu gunakan untuk waktu yang lama. Kamu juga bisa mengecek apakah WhatsApp Web sedang aktif di sebuah komputer melalui aplikasi di ponselmu.

Nah, cara mengamankan WhatsApp di atas sebaiknya kamu lakukan sekarang juga agar data-datamu lebih aman. Jangan diremehkan, ya!

Baca Juga: Susah Di-hack, 5 Cara Bikin Password yang Aman dan Mudah Diingat

Dita Restuti Photo Community Writer Dita Restuti

Pengabdi Excel yang mencari keberuntungan. Temukan lebih banyak di Instagram @ditarestuti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya