Jelang EPA Liga 1, PSS U-16 Coba Adaptasi Perubahan Durasi Kompetisi

Pastikan performa terbaik saat kompetisi

Intinya Sih...

  • PT LIB akan menggelar kembali kompetisi sepak bola usia muda EPA Liga 1 dengan durasi lebih panjang.
  • PSS Sleman U-16 mempersiapkan skuadnya dengan fokus pada latihan fisik dan adaptasi terhadap perubahan durasi pertandingan.
  • Komunikasi intensif, strategi terkoordinasi, dan peningkatan daya tahan pemain menjadi fokus untuk optimalisasi performa selama kompetisi berlangsung.

Sleman, IDN Times - PT LIB telah menyusun rencana menggulirkan kembali kompetisi sepak bola usia muda di Indonesia atau dikenal dengan Elite Pro Academy (EPA) Liga 1. EPA di musim 2024-2025 bakal diselenggarakan dalam tiga kelompok umur yakni U-16, U-18, dan U-20, yang diberi pembaharuan sehingga durasinya lebih panjang. PSS Sleman sebagai salah satu klub peserta EPA mempersiapkan skuadnya dengan penyesuaian atas pembaharuan itu.

Pelatih PSS Sleman U-16, Muhammad Nur Huda, mengatakan pihaknya tengah fokus pada latihan fisik pemain sebelum bergulirnya EPA. Ia menjelaskan, latihan fisik ini untuk meningkatkan kebugaran pemain menghadapi penambahan durasi kompetisi yang kali ini sampai 6 hingga 7 bulan. Sebagai catatan, durasi kompetisi EPA musim lalu hanya memakan waktu 5 setengah bulan saja.

1. Adaptasi dengan perubahan durasi pertandingan

Jelang EPA Liga 1, PSS U-16 Coba Adaptasi Perubahan Durasi KompetisiIlustrasi talenta muda PSS. (instagram.com/pss_development)

Huda mengatakan, ia sudah melakukan komunikasi intensif dengan pelatih fisik tim PSS Sleman U-16, Tegar Satya Haprabu, untuk memastikan persiapan berjalan optimal.

"Kolaborasi ini penting untuk memastikan bahwa seluruh aspek fisik pemain dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan tim," kata Huda di Kalitirto, Berbah, Rabu (4/9/2024).

Huda menekankan, selain memastikan pemain siap secara fisik, timnya juga harus memastikan mereka mampu beradaptasi dengan perubahan durasi pertandingan.

"Tidak hanya siap secara fisik, kami juga mempersiapkan para pemain mampu beradaptasi dengan perubahan durasi pertandingan," lanjutnya.

2. Pastikan performa terbaik saat kompetisi

Jelang EPA Liga 1, PSS U-16 Coba Adaptasi Perubahan Durasi KompetisiIlustrasi talenta muda PSS. (instagram.com/pss_development)

Huda mengatakan, komunikasi yang efektif dan strategi yang terkoordinasi akan mengoptimalkan performa pemain selama kompetisi berlangsung.

"Kami ingin mempersiapkan tim sebaik mungkin baik dari aspek teknik, mental dan fisik," kata Huda.

Huda juga menegaskan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar para pemain tampil dalam kondisi terbaiknya selama pertandingan.

"Durasi kompetisi yang cukup panjang tentu saja memiliki tantangan di setiap aspeknya. Kami memastikan setiap pemain siap menghadapi tantangan kompetisi mendatang, dengan performa yang maksimal dan kondisi fisik yang optimal," tegas Huda.

Baca Juga: 2 Kali Kalah Akibat Penalti, Lopes: Cara PSS Bertahan Salah

3. Peningkatan daya tahan pemain

Jelang EPA Liga 1, PSS U-16 Coba Adaptasi Perubahan Durasi KompetisiIlustrasi talenta muda PSS. (instagram.com/pss_development)

Huda menjelaskan, cara untuk meningkatkan performa pemain yang dilakukan timnya adalah dengan meningkatkan daya tahan hingga perhatian pada pemulihan pemain.

"Melalui peningkatan daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan, serta perhatian pada pemulihan, tim pelatih berkomitmen untuk mempersiapkan para pemain menghadapi kompetisi dengan performa terbaiknya," paparnya.

Baca Juga: PSS Sleman Kalah Tiga Kali Beruntun, Belum Mampu Hasilkan Angka

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya