PSS Rekrut Moon Chang-Jin, Pemain yang Pernah Main di Pohang Steelers

PSS juga mendaratkan dua pemain asing lain

Intinya Sih...

  • PSS Sleman merekrut gelandang serang Korea Selatan, Moon Chang-Jin, yang telah meraih tiga gelar utama di K-League.
  • Moon memberikan respons positif terhadap tawaran kerja sama dari manajemen PSS dan ingin membawa tim berada dalam puncak performa musim ini.
  • Selain Moon, PSS juga merekrut dua pemain asing lainnya, yakni Alan José Bernardon sebagai kiper baru dan Roberto Pimenta Vinagre Filho atau Betinho sebagai gelandang bertahan.

Sleman, IDN Times - PSS Sleman resmi merekrut pemain gelandang serang asal Korea Selatan, Moon Chang-Jin. Moon sebelumnya adalah pemain yang telah malang-melintang di kompetisi sepakbola Negeri Ginseng atau K-League.

Selain Moon, PSS juga sukses mendapatkan tandatangan dua pemain asing lain asal Brasil.

1. Gairah lihat antusiasme suporter

PSS Rekrut Moon Chang-Jin, Pemain yang Pernah Main di Pohang SteelersPSS resmi rekrut Moon Chang-Jin. (instagram.com/pssleman)

Terhadap tawaran kerja sama yang disodorkan manajemen Super Elja, Moon memberikan respons positif hingga mendaratkan dirinya ke Bumi Sembada.

"Pertama kali menerima tawaran untuk bermain di PSS Sleman, saya mencari informasi mengenai klub ini. Ada begitu banyak kegairahan yang dirasakan melihat antusiasme suporter mendukung klub ini. Waktu itu, salah satu jajaran direksi PSS Sleman langsung menelepon menyatakan tertarik merekrut saya. Kemudian, saya membuat keputusan melanjutkan karir sepak bola profesional di PSS Sleman," ungkap Moon dikutip dari laman resmi PSS, Rabu (3/7/2024).

2. Juara Korean dan South Korean Cup Winner

PSS Rekrut Moon Chang-Jin, Pemain yang Pernah Main di Pohang SteelersPSS resmi rekrut Moon Chang-Jin. (Dok. Pssleman.id)

Merunut perjalanan karirnya di sepak bola profesional Korea Selatan, Moon telah meraih tiga gelar utama bersama Pohang Steelers. Ketiganya yaitu, dua kali Korean Cup Winner dan satu kali South Korean Winner.

Pengalaman dan prestasi saat di K-League memantabkan manajemen PSS mengikat kontrak kerjasama. Ini bertujuan agar bisa menularkan semangat dan mental pemenang ke seluruh tim terlebih pada pemain muda Laskar Sembada.

"PSS Sleman pada kompetisi lalu berada di peringkat menengah ke bawah. Situasi itu memotivasi saya untuk cepat beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. Pengalaman serta prestasi yang pernah saya dapatkan di Liga Korea membuat saya ingin membawa PSS berada dalam puncak performa musim ini," pungkasnya.

Baca Juga: Mantan Pemain Timnas Jepang Wagner Lopes Jadi Pelatih Kepala PSS

3. Rekrut kiper jangkung Brasil

PSS Rekrut Moon Chang-Jin, Pemain yang Pernah Main di Pohang SteelersAlan José Bernardon (Dok. pssleman.id)

PSS selain itu juga telah merekrut Alan José Bernardon sebagai kiper baru mereka. Kebutuhan penjaga gawang berkualitas adalah hal krusial bagi PSS menghadapi Liga 1-2024/2025 mendatang. Menilik kompetisi musim sebelumnya, posisi kiper kerap kali membuat PSS kehilangan poin di pertandingan kandang maupun tandang.

"PSS Sleman telah membuka kesempatan lebar bagi peningkatan karir saya di posisi penjaga gawang. Bermain di hadapan suporter PSS yang berdedikasi dengan energi dan antusiasme tinggi kepada tim, hal tersebut tidak hanya menjadi pengalaman saya. Tentunya itu menjadi dorongan memberikan penampilan maksimal di setiap pertandingan," kata Alan.

Penjaga gawang setinggi 2,01 meter kelahiran Medianeira, Brasil, itu tercatat pernah berseragam klub XV Piracicaba di Campeonato Paulistão, sebuah turnamen kompetitif di negara bagian São Paulo. Kompetisi ini bergulir sebagai pra musim kompetisi nasional dari Januari-April yang diikuti Corinthians, Palmeiras, Santos and São Paulo.

"Dengan pengalaman bermain di liga kompetitif, menurut saya unsur tersebut bisa membantu tujuan utama saya bergabung dengan PSS Sleman. Tentu untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi tim dan bersama-sama meraih target dari manajemen PSS," ujarnya.

4. Betinho Filho, metronom baru Super Elja

PSS Rekrut Moon Chang-Jin, Pemain yang Pernah Main di Pohang SteelersBetinho Filho. (instagtam.com/pssleman)

Pemain asing rekrutan anyar PSS lainnya adalah Roberto Pimenta Vinagre Filho atau Betinho, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan asal Brasil.

Sama seperti Moon, gairah dan antusiasme tinggi suporter PSS diakuinya menjadi motivasi tinggi memberikan tandatangannya kepada manajemen PSS. Tapi, ini juga jadi tantangan bagi Betinho yang kali pertama meninggalkan Brasil untuk melanjutkan karir sepak bola profesionalnya.

"Berkarir di sepak bola profesional harus bisa menghadapi tantangan tersebut. Saya optimis mampu melewatinya dengan baik. Banyak hal yang mendukung untuk itu seperti kondisi cuaca Sleman mirip di Brasil, kemudian masyarakat yang ramah serta dukungan dari manajemen dan suporter PSS,” ujar pria kelahiran 4 April 1992 di kota Apeú, Pará, Brasil ini.

“Saya telah menjalani kompetisi sepak bola dari berbagai tingkatan di Brasil. Menurut saya, hal itu sangat membantu beradaptasi dengan sepak bola Indonesia," sambungnya.

PSS sebelumnya juga sudah resmi mengikat kontrak beberapa pemain lokal, antara lain Fachruddin Aryanto dan Paulo Sitanggang.

Fachrudin meniti karir sepak bola profesional di PSS pada tahun 2008 hingga 2012. Sedangkan Paulo Sitanggang di kompetisi musim lalu main untuk RANS Nusantara. PSS juga berhasil mendaratkan pemain muda Gilang Oktavana.

Baca Juga: PSS Sleman Tunjuk Leonard Tupamahu Jadi Manajer Anyar Super Elja

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya