Mantan Pemain Timnas Jepang Wagner Lopes Jadi Pelatih Kepala PSS

Eks pemain naturalisasi Jepang asal Brasil gantikan Risto

Sleman, IDN Times - PSS Sleman resmi menunjuk Wagner Lopes sebagai pelatih kepala menggantikan posisi Risto Vidakovic.

"Wagner Lopes kami tunjuk sebagai pelatih kepala PSS musim ini. Pengalaman serta cara bermainnya menjadi salah satu alasan kami merekrutnya menjadi pelatih," ujar Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Gusti Randa di Omah, Kamis (27/6/2024).

 

 

1. Wagner gabung pekan depan

Mantan Pemain Timnas Jepang Wagner Lopes Jadi Pelatih Kepala PSSPresiden Direktur PSS, Gusti Randa. (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Gusti Randa menuturkan, Wagner baru memimpin latihan Laskar Sembada pekan depan. Ia menjelaskan bahwa pelatih pemegang lisensi CBF Pro itu akan segera tiba di Indonesia.

"Wagner tentu segera memimpin latihan tim bersama jajaran kepelatihannya. Pekan depan, mereka bisa bergabung bersama tim dan mempersiapkan diri untuk menyambut musim baru," kata Gusti Randa.

2. Pemain kunci Jepang di Piala Dunia 1998 dan karier kepelatihannya

Mantan Pemain Timnas Jepang Wagner Lopes Jadi Pelatih Kepala PSSWagner Lopes jadi pelatih kepala anyar PSS. (Pssleman.id)

Wagner Lopes adalah pelatih berkebangsaan Brasil-Jepang yang pernah menjadi salah satu pemain kunci Jepang tahun 1998, menuju Piala Dunia pertama kali dalam sejarah mereka.

Pria berusia 55 tahun ini memulai karier kepelatihannya menjadi asisten pelatih dari Paulista FC tahun 2005, dan langsung meraih gelar juara Copa Do Brasil. Selanjutnya, Wagner ditunjuk sebagai pelatih kepala tim tersebut pada tahun 2009. Dua tahun berselang, dirinya berhasil meraih gelar perdana sebagai pelatih kepala di Copa São Paulo.

 

Baca Juga: PSS Sleman Klaim Kantongi 8 Nama Pemain Asing Kualitas Kelas A

3. Bawa Atletico-GO raih juara Campeonato Goiano

Mantan Pemain Timnas Jepang Wagner Lopes Jadi Pelatih Kepala PSSWagner Lopes jadi pelatih kepala anyar PSS. (Pssleman.id)

Setelahnya, Wagner kembali ke Jepang menjadi asisten pelatih Gamba Osaka pada 2012 sebelum melalang buana ke berbagai tim di Brasil hingga akhirnya berlabuh ke PSS.

Capaian tertinggi Wagner sebagai pelatih terwujud pada 2019 saat memimpin klub Brasil, Atletico-GO. Kala itu, Wagner sukses membawa klub tersebut juara Campeonato Goiano dengan catatan dalam 56 pertandingan meraih 31 kemenangan, 16 imbang, dan 9 kali kalah.

Baca Juga: PSS Sleman Latihan Perdana, Ansyari Lubis Pimpin Latihan

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya