Uji Coba Lawan PSIM, Indra Sjafri Bakal Mainkan Wajah Baru

Tak mau terlalu bertumpu pada pemain lama

Yogyakarta, IDN Times - Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23, Indra Sjafri bakal menurunkan sejumlah pemain baru pada uji coba melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (2/6).

Indra Sjafri berujar, ia akan memanfaatkan momen besok guna melihat potensi wajah-wajah baru yang belum lama ini dipanggil ke Training Center (TC) Timnas U-23 untuk persiapan Sea Games 2019.

"Makanya saya kemarin saya ada permintaan khusus pergantian bebas, tapi gak mengganggu siaran langsung. Jadi waktu pergantian babak. TC tahap ini digunakan untuk melihat potensi-potensi pemain baru," katanya saat sesi jumpa pers di Balai Kota Yogyakarta, Sabtu (2/6).

Baca Juga: Gelar Juara Liverpool dan Berakhirnya Kutukan Klopp, Ini 5 Faktanya

1. Tak mau bergantung ke nama-nama lama

Uji Coba Lawan PSIM, Indra Sjafri Bakal Mainkan Wajah BaruANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Indra merasa kurang adil bila hanya memainkan pemain yang itu-itu saja, sedangkan di luar sana masih banyak yang lainnya. Itulah mengapa ia berupaya mencari potensi-potensi anyar.

"Saya juga harus mengantisipasi, karena Sea Games ini bukan agenda FIFA. Siapa tahu nanti pemain-pemain yang bermain di luar negeri, klub tidak mengizinkan. Jadi kami tidak mau bergantung dan mencari alternatif pemain lain dengan kualitas gak jauh beda," katanya.

2. Bukan soal menang kalah

Uji Coba Lawan PSIM, Indra Sjafri Bakal Mainkan Wajah BaruTwitter/@PSIMJOGJA

Sementara Pelatih PSIM, Vladimir Vujović mengatakan, bakal berupaya menghadirkan permainan seapik mungkin bersama anak-anak asuhnya nanti. Menang atau kalah di sini, bukanlah suatu masalah.

"Apapun hasilnya besok, kami tetap akan melalukan yang terbaik supaya pertandingan besok bisa menghibur semuanya," ujarnya.

Disinggung apakah pertandingan ini juga menjadi kesempatan bagi PSIM untuk menunjukkan sumbangsih terutama untuk memasok kandidat pemain muda ke skuad U-23, Vladimir punya jawaban sendiri.

Bagi dia, yang terpenting bukanlah menguji kapasitas satu, dua pemain, tapi lebih pada melihat kesiapan sebelum bergulirnya musim baru Liga 2. "Target tim saat ini adalah promosi ke Liga 1," kata Vladimir.

3. Masih ada serentetan uji pemain lagi

Uji Coba Lawan PSIM, Indra Sjafri Bakal Mainkan Wajah BaruIDN Times/Tunggul Kumoro

Melawan PSIM Yogyakarta merupakan uji coba pertama skuad U-23. Setelah itu skuad Garuda Muda diuji kembali lewat turnamen Piala Merlion yang akan berlangsung di Singapura pada 7-9 Juni 2019.

"Kedua, uji coba di Merlion Cup dengan pemain yang sama kami bawa ke Singapura untuk memastikan pemain yang 26 ini betul-betul nanti menjadi bagian tim SEA Games Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: PSIM Yogyakarta, Geliat Baru dengan Cita Rasa Bogor FC

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya