Piala Menpora 2021 Jadi Uji Coba Sebelum Gulirkan Liga Indonesia

Kepolisian telah keluarkan izin untuk Piala Menpora

Yogyakarta, IDN Times - Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 resmi mendapat izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Kepastian ini disampaikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Kamis (18/2/2021) kemarin.

Pelaksanaan turnamen pramusim ini bakalan jadi bahan evaluasi sebelum menggulirkan kembali liga sepakbola Indonesia.

Baca Juga: Piala Menpora Kunci Liga 1 Musim 2021/22

1. Liga kembali bergulir jika Piala Menpora lancar

Piala Menpora 2021 Jadi Uji Coba Sebelum Gulirkan Liga IndonesiaKapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. IDN Times/Tunggul Damarjati

Kapolri menuturkan, Piala Menpora yang diselenggarakan pada 20 Maret–25 April 2021 akan jadi bahan pertimbangan penyelenggaraan liga di tengah masa pandemik COVID-19. Jika berjalan lancar, maka ada peluang kompetisi digulirkan lagi.

"Ini kita coba, kalau ini bagus tentunya akan dilanjutkan dengan kompetisi (liga)," kata Listyo Sigit di Kantor Kelurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jumat (19/2/2021).

Listyo mengatakan, evaluasi akan disegerakan setelah Piala Menpora selesai bersama Kemenpora.

2. Syaratnya protokol kesehatan

Piala Menpora 2021 Jadi Uji Coba Sebelum Gulirkan Liga IndonesiaIlustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Surat izin keramaian untuk Piala Menpora sudah diterbitkan. Listyo mengatakan, turnamen ini akan digelar dengan syarat pihak penyelenggara harus menegakkan protokol kesehatan secara ketat.

"(Tim berlaga) didampingi oleh perangkat tim dan itu dibatasi jumlahnya," tegas Kapolri.

3. Tanpa penonton

Piala Menpora 2021 Jadi Uji Coba Sebelum Gulirkan Liga IndonesiaPemain PSS saat melakukan latihan pada Senin (31/8/2020) (Dok. PSS)

Mengacu pada persyaratan pelaksanaan prokes, maka tiap pertandingan juga akan digelar tanpa penonton.

"Kegiatan nanti yang ada di stadion tentunya dihadiri tanpa penonton," lanjut dia.

Listyo menyarankan agar para suporter maupun para pencinta bola untuk dapat menikmati laga dari siaran televisi maupun secara streaming.

"Penonton, pencinta sepak bola, supporter, dipersiapkan TV kemudian streaming untuk bisa menonton tim yang disayangi dari rumah masing-masing atau dari tempat bekerja," tandasnya.

Baca Juga: PSS Cuci Gudang Jelang Piala Menpora 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya