FIFA Sanksi PSS Sleman Registration Ban 3 Periode Bursa Transfer

Baru boleh datangkan pemain anyar pada 2025

Sleman, IDN Times - Klub peserta Liga 1 2023/2024 PSS Sleman dijatuhi sanksi oleh FIFA berupa registration ban atau larangan melakukan registrasi terhadap pemain baru selama tiga periode bursa transfer. Sanksi untuk klub berjuluk Super Elang Jawa itu berlaku efektif per 9 April 2024 berdasarkan informasi yang tertera pada situs resmi FIFA.

1. Senasib dengan PSM, Persija cs

FIFA Sanksi PSS Sleman Registration Ban 3 Periode Bursa TransferDaftar klub sepak bola Indonesia yang mendapat sanksi dari FIFA per 16 April 2024. (FIFA.com)

Sanksi dari FIFA bagi PSS ini sendiri dapat diartikan tindakan disiplin berupa larangan bagi klub untuk mendaftarkan pemain rekrutan baru mereka pada jendela transfer masing-masing kompetisi domestik yang diikuti.

Berdasarkan kerangka hukum FIFA, klub cuma bisa mendaftarkan pemain baru selepas menjalani masa larangan atau jika larangan dicabut.

Dalam kasus PSS, registration ban berlaku tiga periode bursa transfer atau durasi yang sama bagi klub Indonesia lainnya penerima sanksi serupa, yakni PSM Makassar, Persija Jakarta, Persiraja Banda Aceh, Persikab Kabupaten Bandung, dan Sada Sumut FC.

Selain keenam klub di atas, masih ada Persiwa Wamena yang dijatuhi registration ban sejak 5 Desember 2022 silam hingga 'hukuman dicabut'.

2. Tak ada detail pelanggaran

FIFA Sanksi PSS Sleman Registration Ban 3 Periode Bursa TransferPSS Sleman menang 4-1 lawan Arema FC, di Stadion Manahan Solo, Senin (15/3/2024). (Instagram/pssleman)

Otomatis, larangan dari FIFA ini membuat klub-klub tersebut tidak bisa memainkan pemain baru mereka. Situasi ini membuat klub hanya bisa memperpanjang kontrak pemain. Mereka baru bisa mendaratkan pemain anyar, pada bursa transfer musim panas 2025 mendatang.

Kendati, FIFA sendiri tak merinci pelanggaran apa yang dilakukan klub Indonesia tersebut sehingga harus dijatuhi sanksi registration ban.

 

Baca Juga: Menang 4-1 Lawan Arema FC, PSS Sleman Menjauh dari Zona Degradasi

3. Respons PSS Sleman

FIFA Sanksi PSS Sleman Registration Ban 3 Periode Bursa TransferPara Pemain PSS Sleman (Instagram/jonathanezequielbustos94)

Sementara itu Media Officer PSS Sleman Juan Tirta Aditama menyebut pihaknya belum bisa memberikan respons atas sanksi dari FIFA ini.

"Dari kita belum bisa memberikan tanggapan dulu ya," kata Juan saat dihubungi, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: PSS Sleman Pecundangi Arema FC 4-1, Saddam Gaffar Cetak Gol

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya