Kemenangan PSS, Coach Mihail: Balas Dendam yang Tuntas

Modal penting bagi kepercayaan diri pemain

Sleman, IDN Times - PSS Sleman berhasil menekuk Bali United FC dalam laga perdana Liga 1 2023/24 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Sabtu (1/7/2023) sore. Laskar Sembada menang tipis 0-1 atas tuan rumah.

Pelatih Kepala PSS, Marian Mihail, mengaku kemenangan ini adalah hal yang ditunggu-tunggunya secara pribadi sebagai momen 'balas dendam'.

“Pertama menginjakkan kaki di stadion, saya teringat 5 tahun yang lalu ketika tim saya sempat unggul satu gol di babak pertama kemudian mengalami kekalahan 3-1. Setelah itu, mereka bermain di Vietnam dengan hasil draw,” ungkap Mihail di ruang media Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (1/7/2023) malam, dilansir laman resmi PSS.

“Sebelum pertandingan, saya berharap laga perdana ini menjadi pembalasan secara pribadi dan hal itu terjadi. Kemenangan 0-1 ini bagi saya adalah pembalasan yang bagus. Apalagi, tim PSS lebih bagus dari tim yang dulu saya latih,” sambungnya.

1. Tim sudah bekerja keras

Kemenangan PSS, Coach Mihail: Balas Dendam yang TuntasPSS Sleman meraih kemenangan atas Bali United FC dalam laga perdana Liga 1 2023/24. (Dok. PSS Sleman)

Mihail mengatakan, anak asuhnya merupakan tim kecil dengan etos kerja yang tinggi dan sedikit keberuntungan. Kemenangan ini sangat pantas diperoleh karena seluruh anggota tim bekerja keras hingga akhir pertandingan. Para pemain juga percaya diri dan memahami strategi yang harus dilakukan dalam pertandingan ini.

“Kami melakukan analisis dengan baik mengenai Bali United FC. Kami juga secara detail mempelajari taktik dari mereka. Selama pra musim mereka tidak pernah memenangkan pertandingan. Mereka hanya meraih hasil imbang termasuk kualifikasi piala AFC dengan dua kali bermain imbang,” ujarnya.1

2. Masih banyak kekurangan

Kemenangan PSS, Coach Mihail: Balas Dendam yang TuntasPSS Sleman meraih kemenangan atas Bali United FC dalam laga perdana Liga 1 2023/24. (Dok. PSS Sleman)

Meski begitu, Mihail enggan jumawa. Ia mengakui masih banyak kekurangan dari PSS yang perlu diperbaiki. Pria kelahiran Brasov, Rumania, ini berharap Super Elang Jawa bisa tampil lebih baik saat menghadapi Persis Solo di laga kedua BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (7/7/2023) sore mendatang.

“Saya ingin pertandingan selanjutnya menjadi lebih baik lagi dari sekarang. Setelah pertandingan lawan Bali United FC, saya mulai berpikir berhadapan dengan tim Persis Solo untuk laga kedua,” tuturnya.

“Saya tidak akan merayakan kemenangan ini. Biarkan para pemain menikmati hari kemenangannya hingga besok. Mulai sekarang, saya tetap berpikir untuk mempersiapkan tim untuk laga berikutnya,” pungkasnya.

Baca Juga: PSS Sleman Permalukan Bali United di Laga Pembuka Liga 1 2023/24

3. Kemenangan yang penting bagi kepercayaan diri pemain

Kemenangan PSS, Coach Mihail: Balas Dendam yang TuntasPSS Sleman meraih kemenangan atas Bali United FC dalam laga perdana Liga 1 2023/24. (Dok. PSS Sleman)

Sementara, kapten PSS, Kim Jeffrey Kurniawan, mengaku beban pertandingan melawan Bali United cukup berat, mengingat Serdadu Tridatu selalu menjadi kandidat juara selama beberapa tahun belakangan. Menurutnya, kemenangan bisa diraih berkat kerja keras serta persiapan matang dari seluruh tim.

“Beruntung kami mendapatkan analisa pertandingan yang bagus sehingga kami kompak di lini belakang. Memang game plan yang kami inginkan berjalan dengan lancar. Tentunya seperti yang coach Mihail bilang ada sedikit keberuntungan tapi itulah sepakbola,” ujar Kim.

“Jadi kita senang mengawali kompetisi ini dengan tiga poin. Ini sangat penting bagi pemain karena mendapatkan kepercayaan diri untuk menatap pertandingan berikutnya,” imbuhnya.

Gol semata wayang PSS tercipta pada menit ke-47 setelah penyerang sayap PSS, Ricky Cawor memanfaatkan blunder dari gelandang asing Bali United, Brwa Nouri. 

Baca Juga: PSS Bertemu Bali United, Kim Yakin Tim Hadirkan Permainan Terbaik 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya