PSSI Hentikan Kompetisi Liga 2, PSIM: Persiapan Kami Menjadi Sia-Sia 

Sebelumya PT LIB nyatakan Liga 2 akan dimulai 14 Januari

Yogyakarta, IDN Times - Kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 resmi dihentikan. Keputusan tersebut berdasarkan Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di kantor PSSI, GBK Arena, Kamis (12/1/2023).

Chief Executive Officer (CEO) PSIM Jogja, Bima Sinung Widagdo mengaku berat menerima keputusan penghentian liga 2 musim ini. Selama ini, menurut Bima, PSIM terus melakukan persiapan dan berharap agar kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 kembali digulirkan.

“Kami secara berat hati menerima putusan Exco meeting PSSI hari ini yang menghentikan kompetisi Liga 2 untuk musim ini,” ujar Bima, Jumat (13/1/2023). 

 

 

1. Persiapan yang dilakukan PSIM berakhir sia-sia

PSSI Hentikan Kompetisi Liga 2, PSIM: Persiapan Kami Menjadi Sia-Sia CEO PSIM Jogja, Bima Sinung. Twtter@bimasinung

Bima mengaku PSIM sudah berkomitmen untuk melakoni Liga 2 dengan baik dengan melakukan persiapan sebaik-baiknya, namun yang mereka jalani berakhir sia-sia. 

“Persiapan yang cukup matang yang sudah kita lakukan dan perjuangan yang sedang kita jalani menjadi sia-sia dan tidak dapat terselesaikan secara tuntas. Kami masih membuktikan komitmen dan kesiapan kami untuk melanjutkan Liga 2, dengan latihan di hari yang sama ketika kompetisi resmi dihentikan,” ungkap Bima.

Ia berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali agar kompetisi sepak bola di Indonesia menjadi baik dan lebih berkualitas. “Harapan kami kejadian seperti ini tidak terulang di kemudian hari agar dapat tercipta suatu kompetisi yang baik, berkualitas dan terjamin kesinambungan nya”, ucapnya.

2. Sebelumya PT LIB menyatakan Liga 2 akan dimulai 14 Januari 2023

PSSI Hentikan Kompetisi Liga 2, PSIM: Persiapan Kami Menjadi Sia-Sia ilustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 akan dimainkan pada tanggal 14 Jnauari 2023. Hal ini berdasarkan keputusan yang disampaikan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Keputusan tersebut disampaikan kepada klub-klub peserta Liga 2 dalam pertemuan Owner’s Club Meeting Liga 2 2022 di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: Pemain PSIM Butuh Kejelasan Jadwal Pertandingan Liga 2  

Baca Juga: PSIM Apresiasi Rencana PT LIB Lanjutkan Kompetisi Liga 2 

3. PSSI sebut 3 alasan hentikan Liga 2 dan 3

PSSI Hentikan Kompetisi Liga 2, PSIM: Persiapan Kami Menjadi Sia-Sia Rapat Komite Eksekutif PSSI yang digelar di Kantor PSSI, Kamis (12/1/2023), hentikan kompetisi LIga 2 dan 3.(pssi.org)

PSSI menerangkan terdapat tiga hal yang melatarbelakangi keputusan penghentian kompetisi komptisi liga 2 dan liga 3. Pertama, adanya permintaan dari sebagian besar klub Liga 2 yang mau kompetisi tidak dilanjutkan. Menurut PSSI, permintaan tersebut disebabkan tak adanya kesesuaian antara konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator.

Penyebab kedua, terdapat rekomendasi dari Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia setelah Tragedi Kanjuruhan yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana di Liga 2 belum memenuhi syarat.

Ketiga, Peraturan Polri Nomor 10 Tahun 2022 yang mengamanatkan proses perizinan baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan.

Pelaksanaan Liga 2 juga dianggap sangat sulit diselesaikan sebelum gelaran Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

Baca Juga: PSS Sleman Berharap Dapatkan Poin Lawan PSM Makasar  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya