Profil RANS Nusantara FC, Penghuni Baru Stadion Maguwoharjo

Menanti keberuntungan di markas baru!

RANS Nusantara FC merupakan pendatang baru di kancah tertinggi persepakbolaan Indonesia. Klub berjuluk The Prestige Phoenix itu, resmi promosi ke Liga 1 setelah menjadi juara kedua Liga 2 pada musim 2021/2022.

Sayangnya, kiprah klub milik artis Raffi Ahmad ini kurang mengesankan di musim perdananya di Liga 1 2022/2023. Pasalnya Magenta Force, julukan lain RANS Nusantara FC, terbenam di dasar klasemen akhir kompetisi dan jika saja regulasi degradasi diberlakukan maka tim ini dipastikan sudah turun kembali ke Liga 2.

Pada gelaran Liga 1 2023/2024, klub ini memutuskan berpindah homebase dari Stadion Pakansari, Bogor, ke Stadion Maguwoharjo, Sleman, berbagi dengan PSS. Berikut adalah profil dari RANS Nusantara FC.

1. Sejarah berdirinya RANS Nusantara FC

Profil RANS Nusantara FC, Penghuni Baru Stadion MaguwoharjoSkuad Rans Nusantara (instagram.com/rans.nusantara)

Sebelum berganti nama menjadi RANS Nusantara FC, klub yang identik dengan warna biru dan magenta ini merupakan klub asal Cilegon, Jawa Barat dengan nama Cilegon United. Cilegon United sendiri berdiri pada tahun 2012 dan mengikuti kompetisi resmi pertamanya di Liga 3 2012 di Zona Banten dan langsung menjadi juara dan promosi ke Divisi Dua saat itu.

Dan di tahun-tahun berikutnya, kiprah Cilegon United bisa dibilang cukup apik karena bisa mencapai divisi utama atau sekelas Liga 2 untuk saat ini. Pada tanggal 31 Maret 2021, Cilegon United yang saat itu masih berlaga di Liga 2 diakuisisi oleh RANS Entertainment dan Prestige Motorcars dan berganti nama menjadi "RANS Cilegon FC". Setahun berselang, RANS Cilegon FC kembali berubah nama menjadi RANS Nusantara FC untuk mengarungi Liga 1 2022/2023.

2. Klub Milik Raffi Ahmad

Profil RANS Nusantara FC, Penghuni Baru Stadion MaguwoharjoRaffi Ahmad saat menjalin kerja sama dengan salah satu klub Liga Jepang. (instagram.com/rans.nusantara)

Bisa dibilang salah satu tokoh dibalik pengakuisisian Cilegon United dan mengubah namanya menjadi RANS Cilegon FC hingga RANS Nusantara FC adalah Raffi Ahmad. Nama RANS sendiri merupakan nama dari perusahaan yang dimiliki oleh artis papan atas Indonesia tersebut. Dan selain Raffi Ahmad, pemilik lainnya dari The Prestige Phoenix  ini adalah Rudy Salim, pemilik Prestige Motorcars yakni dealer Super Car dari Jakarta Utara. 

Sejak kehadiran dua tokoh tersebut, prestasi RANS Nusantara FC di Liga 2 2021/2022 cukup bagus. Bahkan di sisi bisnis, klub ini juga kebanjiran banyak sponsor. Hingga pada akhir kompetisinya Raffi Ahmad bisa membawa tim miliknya promosi ke Liga 1.

Baca Juga: Gagal Menang Lawan PSIS, PSS Alihkan Fokus Lawan RANS Nusantara

3. Prestasi RANS Nusantara FC

Profil RANS Nusantara FC, Penghuni Baru Stadion MaguwoharjoPemain Rans Nusantara FC Arif Satria (instagram.com/rans.nusantara)

Prestasi gemilang RANS Nusantara FC ketika masih bernama Cilegon United memang sangat bagus. Tim ini berhasil menjadi juara di Divisi Tiga, Divisi Dua, dan lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia dalam tempo kurang dari 5 tahun sejak berdiri. Dan kisah gemilang pun berlanjut saat klub ini berubah nama menjadi Rans Cilegon FC yang mana mereka secara mengejutkan bisa lolos ke Liga 1 dan menjadi juara 2 Liga 2 2021/2022.

Sayangnya, setelah berganti nama menjadi RANS Nusantara FC dan mentas di Liga 1 2022/2023, prestasi Magenta Force menurun drastis. Meskipun dihuni banyak pemain berpengalaman di Liga Indonesia, RANS FC lebih sering menjadi bulan-bulanan tim lainnya dan bahkan harus rela berada di dasar klasemen akhir kompetisi. Beruntungnya karena regulasi degradasi dan promosi tidak diberlakukan musim lalu, membuat klub ini masih bisa berkompetisi di musim 2023/2024.

4. Alasan pindah homebase ke Sleman, Yogyakarta

Profil RANS Nusantara FC, Penghuni Baru Stadion MaguwoharjoRans Nusantara saat melakoni laga perdana Liga 1 2023/2024 melawan Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo.(instagram.com/rans.nusantara)

Setelah menjalani musim tidak mengesankan Liga 1 2022/2023, RANS Nusantara FC terlihat cukup serius mempersiapkan kerangka tim. Bahkan, klub ini rela berpindah homebase ke Yogyakarta dan memilih Stadion Maguwoharjo sebagai markas barunya.

Dilansir dari laman resmi, PT LIB, pemilik RANS Nusantara FC, Raffi Ahmad, mengungkapkan alasannya pindah kandang ke Sleman adalah agar timnya lebih berprestasi dan letaknya tidak jauh dari Kota Yogyakarta menurutnya sebagai tempat yang indah. Menghadapi musim baru, RANS Nusantara FC tidak memasang target muluk-muluk. The Prestige Phoenix ingin tampil baik tiap laga dan berada di posisi klasemen yang lebih baik dari musim lalu.

Demikian adalah profil RANS Nusantara FC yang merupakan wajah baru di persepakbolaan Indonesia. Menurutmu dengan kondisi tim saat ini dan pindah markas baru ke Sleman, akankah prestasi klub milik Raffi Ahmad ini akan membaik? 

Baca Juga: Sejarah PSS Sleman, Klub Sepak Bola Berjuluk Tim Super Elang Jawa

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya