Profil Arya Gerryan, Winger Muda Baru PSIM Yogyakarta

Menambah daya gedor sektor depan

PSIM Yogyakarta resmi mendatangkan Arya Gerryan sebagai winger baru untuk sisa kompetisi Liga 2 2023/2024. Pemain dengan sapaan akrab Arya itu, didatangkan ke Yogyakarta dengan skema pinjaman dari Borneo FC.

Sebagai seorang penyerang sayap, pemain berusia 22 tahun tersebut punya atribut yang lengkap, ia punya kecepatan kelincahan, dan kemampuan cut in side yang mumpuni. Kehadiran Arya diharapkan bisa memberi daya dobrak baru di sektor depan dan menjadi pengganti Hapidin dan Aleksandar Rakic yang sudah diputus kontrak oleh Laskar Mataram.

Lantas siapakah sebenarnya pemain dengan nama lengkap Arya Gerryan Senyiur Lawolo tersebut? Berikut adalah profil lengkapnya.

1. Lahir dan mengawali karier sepak bola di Samarinda

Profil Arya Gerryan, Winger Muda Baru PSIM YogyakartaArya Putra Gerryan S. Lawolo (instagram.com/aryagerryan)

Arya Gerryan lahir di Samarinda, Kalimantan Timur pada tanggal 24 Oktober 2001. Bakatnya sebagai pesepak bola sudah muncul saat ia berusia muda, hingga pada tahun 2018 Borneo FC resmi mengontrak dirinya untuk bergabung dengan tim Borneo FC U-16.

Setahun berselang, ia naik tingkat dengan bergabung bersama Borneo FC U-18. Dan mimpinya membela tim utama Borneo FC akhirnya kesampaian pada tahun 2020. Dan mendapatkan debut pertama kali pada tahun 2021 saat menghadapi Bhayangkara FC di ajang Piala Menpora.

2. Pernah ikut TC Timnas U-19 di Spanyol

Profil Arya Gerryan, Winger Muda Baru PSIM YogyakartaArya Putra Gerryan S. Lawolo saat TC Timnas U-19 di Spanyol (instagram.com/aryagerryan)

Meskipun usianya masih mudaArya Gerryan memang punya kemampuan yang spesial sebagai seorang winger. Sehingga tak mengherankan, namanya bersama tiga teman seangkatannya di Borneo FC seperti Fajar Fatur Rahman, Komang Teguh, Trisnanda, dan Pualam Bahari mendapatkan panggilan Timnas Indonesia U-19 untuk TC di Spanyol dalam rangka persiapan Piala Asia U-19 2020.

Sayangnya, harapan Arya untuk memperkuat Timnas Indonesia harus pupus. Sebab, turnamen tersebut harus dibatalkan oleh AFC karena adanya pandemi COVID-19.

Baca Juga: PSIM Yogyakarta Datangkan Arya Gerryan, Rakic Dilepas

3. Sering dipinjamkan ke klub lain ketika membela Borneo FC

Profil Arya Gerryan, Winger Muda Baru PSIM YogyakartaArya Putra Gerryan S. Lawolo saat membela Persiraja Banda Aceh (instagram.com/aryagerryan)

Setelah kurang mendapatkan menit main bersama Pesut Etam, pemain berpostur 165 cm itu lebih banyak menjalani masa peminjaman ke klub lainnya, baik Liga 1 maupun Liga 2. Pada tahun 2021 ia dipinjamkan ke Persijap Jepara untuk kompetisi Liga 2 dan hanya bermain 3 kali.

Semusim berselang, ia dipinjamkan ke Persiraja Banda Aceh untuk Liga 1 2022. Bersama Laskar Rencong, ia bermain sebanyak 14 kali dan sayangnya tidak bisa menolong timnya lolos dari jerat degradasi.

4. Memberi ketajaman lebih di sektor depan

Profil Arya Gerryan, Winger Muda Baru PSIM YogyakartaArya Putra Gerryan S. Lawolo (jersey merah) saat membela Persijap Jepara (instagram.com/aryagerryan)

Dilansir dari Transfermrkt.co.id, Arya memang belum pernah mencetak gol maupun umpan gol sepanjang karier profesionalnya. Namun, tiap kali bermain, ia selalu bisa memberi warna baru di penyerangan dan merepotkan pemain belakang lawan berkat kecepatannya.

Dengan bergabung bersama PSIM Jogja, harapannya Arya bisa diberikan waktu bermain yang lebih agar ia bisa memberikan kemampuan terbaiknya. Namun, tantangan yang dihadapi Arya di Laskar Mataram tidak mudah. Sebab ia harus bersaing dengan winger yang sedang naik daun, Ari Maring.

Meskipun demikian, kehadiran Arya Geryyan tentu akan menambah kedalaman skuat PSIM dan bisa saja jadi kartu AS ketika mengalami kebuntuan. Lantas bagaimana pendapatmu atas rekrutan baru PSIM Jogja kali ini?

Baca Juga: 5 Poin Evaluasi PSIM Jogja di Putaran Pertama Liga 2 2023/2024

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya