Prediksi Laga PSS Vs PSM, Kedua Tim Butuh Kemenangan

Laga PSM vs PSS digelar Jumat (8/3/2024) di Balikpapan

PSS Sleman akan melakoni laga tandang yang tidak mudah menghadapai sang juara bertahan PSM Makassar pada pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/2-24, Jumat (8/03/2024) sore di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Laga sore ini diprediksi bakal berlangsung ketat, kedua tim membutuhkan kemenangan, ditambah dalam dua laga terakhir keduanya gagal meraih tiga angka.

1. PSS selalu kesulitan ketika berjumpa PSM

Prediksi Laga PSS Vs PSM, Kedua Tim Butuh KemenanganSkuad PSS Sleman 2023/2024 (ligaindonesiabaru.com)

Melihat rekor pertemuan PSS Sleman dengan PSM Makassar dalam empat pertemuan, bukanlah raihan yang positif. Super Elja hanya berhasil dua kali menahan imbang Juku Eja. Sementara dua laga sisanya menjadi milik Yance Sayuri dan kawan-kawan. Pada pertemuan pertama di Liga 1 musim 2023/2024 silam, PSS yang saat itu berposisi sebagai tuan rumah hanya bisa bermain imbang 0-0 melawan pasukan Ayam Jantan Dari Timur.

Saat ini PSS Sleman berada di peringkat ke-15 klasemen sementara dengan raihan 31 poin atau selisih 4 angka dari zona degradasi. Sedangkan PSM Makassar berada di posisi 12 dengan 34 poin.

2. Prakiraan line up

Prediksi Laga PSS Vs PSM, Kedua Tim Butuh KemenanganSkuad PSS Sleman 2023/2024 (instagram.com/pssleman)

Jika melihat skuad yang dibawa oleh Risto Vodakovic ke Balikpapan, tampaknya tidak akan banyak perubahan untuk sebelas pemain pertama. Lantaran pelatih asal Serbia itu sudah punya pakem dari lini belakang hingga depan.

Sebetulnya di posisi penjaga gawang tidak ada salahnya untuk dilakukan penyegaran dengan mengistirahatkan Anthony Pinthus. Kemudian di sektor tengah dan depan nama-nama seperti Todd Ferre, Irkham Milla, dan Saddam Gaffar tidak ada salahnya untuk diturunkan.

Sementara PSM Makassar bersiap dengan skuad full team. Melihat pertandingan sebelumnya, Bernardo Tavares juga tidak akan melakukan perubahan banyak pada sebelas pemain pertama.

PSM (4-4-2): M.Ardiansyah (GK);  Yakob Sayuri,  Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Salman; Kenzo Nambu,Yance Sayuri, Raihan, M.Arfan; Adilson Silva, Victor Mansaray.

PSS Sleman (4-4-2):  Anthoni Pinthus (GK); Nur Diansyah, Thales Lira; Ibrahim Sanjaya, Abduh Lestaluhu (C);  Wahyudi Hamisi,  Elvis Kamsoba, Esteban Vizcarra, Ricky Cawor; Hokky Caraka, dan Ajak Riak.

Baca Juga: Aksi Brutal Wahyudi Saat Persebaya vs PSS Bisa Masuk Komdis

3. Waspadai serangan cepat PSM Makassar dan bola mati

Prediksi Laga PSS Vs PSM, Kedua Tim Butuh KemenanganSalah satu momen pertandingan pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/24 antara PSS Sleman versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, 3 September 2023. (Instagram.com/pssleman)

PSM Makassar adalah tim yang mengandalkan permainan direct yang cepat. Hal ini tak lepas dari banyaknya para pemain dengan kecepatan di atas rata-rata yang dimiliki Juku Eja.

Para pemain cepat yang menjadi andalan PSM adalah Sayuri bersaudara, Kenzo Nambu, dan duo legiun asing di lini depan Adilson Silva dan Viktor Mansaray. Belum lagi anak asuh Bernardo Tavaraes juga cukup efektif memanfaatkan bola mati lewat keunggulan postur Yuran Fernandes saat duel udara.

Bila ingin mencuri poin di Stadion Batakan, PSS harus mewaspadai serangan cepat PSM. Kolektivitas tim jadi kunci.

4. PSS wajib mengontrol emosi dan lebih klinis di depan gawang

Prediksi Laga PSS Vs PSM, Kedua Tim Butuh KemenanganPSS Sleman vs Bhayangkara FC pada putaran pertama Liga 1 2023/2024 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (13/08/2023) sore. (instagram.com/pssleman)

Berkaca pada laga sebelumnya menghadapi Persebaya, pemain PSS bermain terlalu emosional. Tercatat Laskar Sembada memperoleh 5 kartu kuning pada laga tersebut. Ditambah masalah efektivitas mengonversi peluang menjadi gol para pemain PSS Sleman tak kunjung membaik. Para pemain harus lebih klinis ketika memperoleh peluang untuk mencetak gol.

PSS Sleman juga tidak ada salahnya memanfaatkan skema bola mati.  Pasalnya tim ini punya eksekutor hebat macam Jonathan Bustos dan pemain berpostur tinggi seperti Thales Lira dan Ajak Riak. 

Kondisi kedua tim yang sama-sama butuh kemenangan membuat laga ini diprediksi berlangsung sengit. PSM Makassar lebih diunggulkan baik dari segi klasemen, head to head, skuad hingga keuntungan bermain sebagai tim tuan rumah. Tim PSS Sleman jika bisa bermain solid dan efektif, bukan tidak mungkin bisa menggondol tiga poin dari Balikpapan.

Baca Juga: Kecolongan Gol Cepat, PSS Sleman Kalah di Surabaya

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Sehat dan Bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya