Temui Sri Sultan HB X, Menko Hadi Klaim Tak Ada Pesan dari Jokowi

Pertemuan sebatas tradisi sowan

Yogyakarta, IDN Times - Menko Polhukam Marsekal Purn. Hadi Tjahjanto menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di kediamannya, Keraton Kilen, Kota Yogyakarta, Jumat (23/2/2024) malam. Keduanya menggelar pertemuan tertutup selama dua jam. 

1. Laksanakan tradisi sowan

Temui Sri Sultan HB X, Menko Hadi Klaim Tak Ada Pesan dari JokowiPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika melantik Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Setelah pertemuan, Hadi menyebut kedatangannya ke Keraton Kilen adalah untuk sowan kepada Sultan pascapelantikan dirinya sebagai Menko Polhukam RI.

Baginya, ini bukan hal baru. Saat dilantik menjadi panglima TNI beberapa tahun silam ia melakukan hal yang sama. Diakuinya, mereka lebih sering berjumpa saat Hadi menjabat sebagai Menteri ATR/BPN.

"Ini adalah silaturahmi biasa, saya menyampaikan bahwa saya baru saja dilantik jadi Menko Polhukam dan saya mohon doa restu pada Ngarsa Dalem. Kita cerita banyak, cerita yang ringan-ringan saja," kata Hadi.

Hadi Tjahjanto membeberkan dirinya memperoleh wejangan dari Sultan menyangkut kinerja sebagai menko yang baru.

2. Seputar kondusivitas pemilu

Temui Sri Sultan HB X, Menko Hadi Klaim Tak Ada Pesan dari JokowiPemungutan suara ulang di Kota Tangerang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dalam momen tersebut, dikatakan Hadi, ia dan Sultan juga membahas pelaksanaan Pemilu atau Pilpres 2024 yang cukup kondusif, dan koordinasi untuk mempertahankan kondusivitas demi kepentingan pembangunan ke depan.

"Situasi yang seperti ini tentunya kita koordinasi, jaga dan pertahankan dan kita menunggu tahapan Pemilu mulai dari pengumuman sampai dengan nantinya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Saya kira kondisi seperti ini harus dipertahankan dan ini bagian dari tanggung jawab seluruh komponen bangsa supaya pembangunan terus dapat terlaksana dengan baik," ungkapnya.

Baca Juga: Beras Mahal, Sri Sultan HB X: Warga Lebih Pilih Beras Premium

3. Tak ada pesan dari Jokowi, tidak bahas soal wacana mediasi dengan Mega

Temui Sri Sultan HB X, Menko Hadi Klaim Tak Ada Pesan dari JokowiMenko Polhukam Hadi Tjahjanto usai menemui Sri Sultan HB X. (IDN Times/Tunggul)

Kepada wartawan, Hadi tak mengamini saat disinggung apakah kedatangannya ke Keraton Kilen ini membawa pesan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait peran Sultan menjembatani pertemuan dengan Megawati Soekarnoputri. Menurutnya opik tersebut tidak dibicarakan dalam pertemuannya.

"Ya nggak (dibahas) lah. Saya hanya ngomong biasa saja sesuai dengan tugas yaitu saya menjaga stabilitas keamanan dan kondisi seperti ini yang harus kita pertahankan. Supaya rakyat juga tenang dan itu bagian dari tugas yang harus saya jaga, (topik) yang lain nggak ada," imbuhnya.

Baca Juga: Olah Sampah, Kota Jogja Disuntik Danais Rp100 Juta per Kalurahan

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya