Sri Mulyani Berkaca-kaca Kenang Sri Adiningsih, Jokowi Kirim Bunga 

Duo Sri berkawan sejak masa kuliah

Bantul, IDN Times - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melayat ke rumah duka Perkumpulan Urusan Kematian Jogjakarta (PUKJ), Bantul, tempat jenazah Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2014-2019, Sri Adiningsih disemayamkan, Minggu (19/6/2023).

Menteri Keuangan tersebut tak kuasa menahan kesedihannya kala mengenang mendiang Sri Adiningsih.

1. Kawan sejak masih di bangku kuliah

Sri Mulyani Berkaca-kaca Kenang Sri Adiningsih, Jokowi Kirim Bunga Menkeu Sri Mulyani melayat Sri Adiningsih (IDN Times/Tunggul)

Sri Mulyani bercerita, dia kali pertama berjumpa Sri Adiningsih dalam suatu program debat antaramahasiswa yang digelar di Universitas Padjajaran. Saat itu, keduanya masih menempuh program sarjana.

"Bu Sri Adiningsih, temen saya baik sekali dari kami masih mahasiswa dulu. Waktu saya masih di UI, beliau masih di (Universitas) Gadjah Mada, belum sarjana. Kita sudah bertemu di dalam beberapa kegiatan seperti lomba debat mahasiswa waktu itu kita ketemu pertama kali di Padjajaran," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani bercerita, dirinya dan Sri Adiningsih kemudian mengambil studi magister dan doktoral di University of Illinois at Urbana-Champaign di Amerika Serikat dalam waktu hampir bersamaan

2. Kontribusi untuk Tanah Air, cegah krisis finansial terulang 

Sri Mulyani Berkaca-kaca Kenang Sri Adiningsih, Jokowi Kirim Bunga Instagram/sadiningsih

Setelah pulang ke Indonesia, mereka aktif dalam berbagai kegiatan advokasi publik ketika krisis ekonomi dan perbankan melanda Tanah Air.

Sri Mulyani dan Sri Adiningsih juga aktif berpartisipasi periode semasa awal Reformasi Indonesia, termasuk tim perumus amandemen UUD menyangkut pasal 33 tentang ekonomi.

"Pemikiran beliau, kan seperti sama dalam reformasi banyak hal yang perlu kita koreksi waktu itu, tata kelola, di bidang perbankan dan di dalam perusahaan, dalam ekonomi pembangunan sektor keuangan," kata Sri Mulyani.

"Bu Nining itu punya kontribusi banyak dalam pemikiran untuk bagaimana Indonesia tidak terkena krisis kembali, memperbaiki dan mendeteksi risiko-risiko awal sehingga sektor keuangan sehat, perbankan terutama. Banyak yang beliau lakukan," sambungnya.

Di luar meja kerja, Sri Mulyani mengenal Sri Adiningsih sebagai pribadi yang baik, penolong, dan selalu dipenuhi pikiran positif.

"(Sosok) luar biasa. Saya sangat kehilangan seorang sahabat baik," tutup Sri Mulyani.

Baca Juga: Profil Sri Adiningsih, Guru Besar UGM dan Teman Sekolah Jokowi

3. Jokowi-Megawati kirimkan bunga dan ucapan duka cita

Sri Mulyani Berkaca-kaca Kenang Sri Adiningsih, Jokowi Kirim Bunga Karangan bunga duka cita untuk Sri Adiningsih (IDN Times/Tunggul)

Sementara itu, di lokasi yang sama terlihat karangan bunga ungkapan duka cita yang datang dari sejumlah pejabat negara. Antara lain, Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sekretaris Kabinet Pramono Anung; dan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Karangan bunga ucapan belasungkawa juga dikirim oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Guru besar ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2014-2019, Sri Adiningsih wafat dalam usia 62 tahun di RSUP Dr. Sardjito, Sabtu (17/6/2023).

Selain dikenal sebagai seorang ekonom dan wantimpres, Sri Adiningsih pernah dipercaya sebagai Adviser/Principal Economist at Exim Securities pada 1997, kemudian anggota tim ahli penyiapan materi GBHN bidang Wanhankamnas satu tahun berikutnya.

Sri Adiningsih juga menjadi anggota Ombudsman Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dan Tim Ahli Panitia Ad hoc Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 2001.

Baca Juga: Erick Thohir Berharap Timnas Indonesia Vs Argentina Berakhir Seri 

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya