Puluhan Pekerja di Kota Yogyakarta Kena PHK Sepanjang 2024

Gelombang PHK sampai ke Jogja

Intinya Sih...

  • Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yogyakarta mencatat puluhan pekerja terdampak PHK sejak Januari 2024.
  • Kementerian Ketenagakerjaan melaporkan lonjakan gelombang PHK sepanjang semester I 2024, dengan jumlah pekerja terkena PHK sebanyak 32.064 orang.
  • PHK di Yogyakarta terjadi di sektor pariwisata dan perhotelan, namun instansi telah siap dengan skema pembinaan dan pengurusan jaminan kehilangan pekerjaan.

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta mencatat puluhan pekerja di wilayahnya yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) sejak Januari 2024. Beberapa penyebab perusahaan melakukan PHK ini seperti efisiensi anggaran dan pekerja yang memutuskan resign atau mengundurkan diri.

1. Sekitar 72 pekerja terkena PHK

Puluhan Pekerja di Kota Yogyakarta Kena PHK Sepanjang 2024ilustrasi PHK (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Hubungan Industrial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Pipin Ani Sulistiani, mengatakan, berdasarkan catatannya sedikitnya 72 pekerja terdampak PHK sejak Januari 2024.

"Selama 2024 ada sebanyak 72 atau 73 (pekerja) yang terkena PHK," kata Pipin dihubungi, Kamis (8/8/2024).

Lebih lanjut, Pipin menjelaskan beberapa penyebab PHK di Kota Yogyakarta. Di antaranya efisiensi anggaran dan ada pekerja yang mengundurkan diri dari tempat kerjanya.

"Ini (penyebabnya) berdasarkan data yang masuk ke kami. Ada kewajiban perusahaan melaporkan kondisinya ke Disnaker," katanya. 

2. Gelombang PHK sampai Yogyakarta

Puluhan Pekerja di Kota Yogyakarta Kena PHK Sepanjang 2024Tugu Yogyakarta (Unsplash.com/jauzax)

Sebagai informasi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sebelumnya melaporkan adanya lonjakan gelombang PHK sepanjang semester I 2024. Dari data Kemenaker tersebut menunjukkan jumlah pekerja terkena PHK sepanjang Januari-Juni 2024 sebanyak 32.064 orang. Jumlah ini melonjak 21,4 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 26.400 orang.

Pipin menjelaskan, gelombang PHK ini sampai ke Yogyakarta, sekalipun situasinya tak sama dengan daerah lain. Di beberapa daerah lain, gelombang PHK menerpa perusahaan skala besar maupun padat karya. Sementara, di Yogyakarta yang terdampak PHK di sektor pariwisata dan perhotelan.  

"Di Yogyakarta rata-rata pariwisata dan perhotelan. Kondisinya biasanya akibat ada yang mengundurkan diri, karena usia, ada (PHK) memang sebab efisiensi," ujarnya. 

3. Skema untuk pekerja terdampak PHK

Puluhan Pekerja di Kota Yogyakarta Kena PHK Sepanjang 2024Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (dok. BPJS Ketenagakerjaan)

Pipin menjelaskan, ada beberapa skema yang telah disiapkan oleh instansinya untuk menindaklanjuti para pekerja yang terdampak PHK ini. Di antaranya pembinaan, pengurusan BPJS Ketenagakerjaan, hingga pengurusan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). 

"Kami prediksi di Kota Yogyakarta cukup aman tahun ini. Misalnya, kondisi perhotelan okupansinya sudah tinggi," pungkasnya.

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya