Proyek Tol Jogja-Solo Dikebut Lagi di Semua Aspek Usai Libur Lebaran

Dari bore pile, clearing area, hingga upaya pembebasan lahan

Intinya Sih...

  • Pembuatan struktur pondasi bore pile penyangga tol dipercepat untuk pengerjaan proyek tol Yogyakarta-Solo ruas Trihanggo-Tirtoadi.
  • Kontraktor juga mengebut menyelesaikan box culvert atau beton segi empat dan melakukan clearing lahan di tikungan Ngawen.
  • Upaya pembebasan lahan di trase Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman (Tirtoadi) telah mencapai 81 persen.

Sleman, IDN Times - Pengerjaan proyek tol Yogyakarta-Solo ruas Trihanggo-Tirtoadi akhirnya dilanjutkan kembali setelah terhenti sementara karena libur Lebaran 2024 kemarin. Pembuatan struktur pondasi bore pile penyangga tol adalah menjadi salah satu fokus pengerjaan yang dikebut.

"Pengerjaan bore pile dipercepat. Penambahannya sekarang masif untuk konstruksi bore pile-nya," kata Humas PT Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto, beberapa waktu lalu.

1. Kurang 3 box culvert

Proyek Tol Jogja-Solo Dikebut Lagi di Semua Aspek Usai Libur LebaranIlustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Di sisi lain, kontraktor juga mengebut menyelesaikan box culvert atau beton segi empat untuk konstruksi bawah tanah, macam drainase atau jembatan terowongan.

"Box culvert itu dari (dibutuhkan) 20, sudah jadi 17. Jadi, kurang tiga," ujar Agung.

2. Clearing di Tikungan Ngawen

Proyek Tol Jogja-Solo Dikebut Lagi di Semua Aspek Usai Libur LebaranLalu lintas kendaraan jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Exit Tol Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (6/4/2024). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Selain dua aspek tadi, kontraktor mulai melakukan clearing atau pembersihan lahan di tikungan Ngawen, sekalipun kontruksi tol belum memasuki area Ring Road Trihanggo. Agung menuturkan, rencananya akses ini digunakan untuk mobilisasi angkutan proyek supaya bisa langsung masuk ke area penggarapan tol dari ring road.

"Merapikan lahan yang di tikungan Ngawen sudah kita bebaskan, sudah kita clearing, terus ada jembatan, sehingga lalu lintas bisa masuk dari ring road langsung ke area proyek," ucapnya.

Baca Juga: 109.105 Kendaraan Lintasi Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo

3. Cakupan pembebasan lahan bikin leluasa kontraktor

Proyek Tol Jogja-Solo Dikebut Lagi di Semua Aspek Usai Libur LebaranLalu lintas kendaraan jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Exit Tol Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (6/4/2024). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Bukan cuma sektor konstruksi, kata Agung, upaya pembebasan lahan di trase Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman (Tirtoadi) pun terus dikerjakan. Menurut Agung, persentase pembebasan lahan di kawasan tersebut telah menyentuh angka 81 persen.

"Jadi, kita sudah leluasa," pungkasnya.

Baca Juga: Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Hemat Perjalanan Mudik 25 Menit

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya