Terlilit Pinjol, Pria di Jogja Nekat Gasak Isi Brankas Temannya

Curi emas hingga dolar

Yogyakarta, IDN Times - Polresta Yogyakarta membekuk seorang pria bernama Herlambang (31) yang kedapatan mencuri isi brankas milik temannya sendiri. Selain emas, pelaku yang asli Bekasi, Jawa Barat, itu juga menggondol perhiasan serta uang tunai dalam bentuk rupiah maupun dolar.

1. Lihat postingan di medsos, sadar rumah korban kosong

Terlilit Pinjol, Pria di Jogja Nekat Gasak Isi Brankas TemannyaIlustrasi pencurian. (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasatreskrim Polresta Yogyakarta, AKP MP Probo Satrio, menjelaskan peristiwa ini terjadi pada Senin (23/10/2023) lalu di rumah korban yang berlokasi di Jalan Pakelrejo, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Kata Probo, niat pelaku muncul usai mengetahui rumah korban dalam keadaan kosong. Dia tahu setelah melihat unggahan istri sahabatnya di media sosial. Kala itu seluruh anggota keluarga sedang berlibur ke Pulau Bali.

"Pelaku awalnya melihat postingan medsos istri korban yang sedang berlibur dengan korban di Bali. Lalu muncul niat dan pelaku mendatangi rumah korban dengan memanjat tiang depan rumah korban dan melompati tembok," kata Probo di Mapolresta Yogyakarta, Rabu (15/11/2023).

Pelaku, lanjut Probo, sudah mengetahui seluk beluk rumah korban karena ia pernah menginap di rumah itu.

"Pelaku merupakan teman baik korban, dan sempat tinggal di rumah tersebut, sehingga sudah tahu kondisi rumah dan dengan mudah melakukan pencurian tersebut," beber Probo.

2. Gasak logam mulia hingga uang tunai

Terlilit Pinjol, Pria di Jogja Nekat Gasak Isi Brankas TemannyaIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Kondisi rumah yang sepi membuat pelaku bisa leluasa masuk ke halaman lalu ke dalam rumah yang tidak dikunci. Kamar tempat menyimpan brankas juga tidak dikunci. Aksi Herlambang dilakukan sekitar pukul 05.00 WIB.

Dari dalam brankas yang dicuri, pelaku berhasil mendapatkan uang tunai Rp18 juta, 152 Dolar Singapura, 259 Dollar AS, tiga keping emas merk Antam, sebuah koin emas seberat 5 gram, 2 keping emas merk UBS masing-masing 0,5 gram.

Kemudian, emas murni 24 karat seberat 0,25 gram merk SDGM, mini gold saber 0,025 gram, lalu cincin emas safir biru, delapan buah cincin emas, sebuah liontin emas, dua buah gelang rantai emas, sebuah gelang emas.

Adapula satu pasang anting emas, tiga buah kaliung emas dan sebuah tas tangan warna abu-abu. Semua hasil curian ini dibawa kabur tersangka ke luar kota.

Sementara korban yang mengetaui brankasnya beserta isinya hilang sepulang liburan langsung membuat laporan kepolisian.

Saat penyelidikan, polisi berdasarkan rekaman kamera pengawas atau CCTV berhasil mengungkap identitas pelaku yang tak lain adalah teman korban sendiri.

"Tim melakukan penangkapan terhadap pelaku di tempat persembunyiannya di Apartemen CDB Wiyung, Surabaya, Jawa Timur, pada 31 Oktober," ujar Probo.

Baca Juga: Beli Bensin Pakai Uang Mainan, Warga Kotagede Diamankan

3. Kepepet utang pinjol buat lunasi biaya lahiran istri

Terlilit Pinjol, Pria di Jogja Nekat Gasak Isi Brankas TemannyaHerlambang alias Maher nekat curi brankas milik teman. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Saat pemeriksaan, pelaku pun mengakui perbuatannya. Dari hasil curiannya itu, ia berhasil menjual empat logam mulia total 11 gram senilai Rp11 juta.

Lalu menukarkan uang Dolar Singapura dan Amerika Rp6 juta. Kemudian, uang dalam brankas senilai Rp18 juta dipakai untuk membayar hutang pinjaman online (pinjol) Rp15 juta, keperluan sehari-hari Rp6.125.000 dan sisa Rp13.875.000 masih dibawa pelaku

"Sudah dilakukan penyitaan," kata Probo.

Sementara pelaku sendiri mengaku nekat mencuri lantaran terhimpit hutang pinjol yang dipakai buat biaya lahiran sang istri.

Polisi telah menetapkan Herlambang sebagai tersangka. Atas aksinya ini ia dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara.

Baca Juga: Dosen UGM Kakak Wamenkumham Dipecat Diduga Lakukan Pelecehan Seksual

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya