PKL Teras Malioboro Geruduk Kantor Gubernur Minta Dilibatkan Diskusi

Menuntut untuk dilibatkan dalam rencana relokasi

Intinya Sih...

  • Puluhan PKL Teras Malioboro 2 demo di Kantor Gubernur DIY, menuntut evaluasi rencana relokasi ke Beskalan dan Ketandan tahun 2025.
  • PKL meminta dilibatkan dalam forum diskusi dua arah antara pemerintah dan pedagang terkait relokasi yang menyejahterakan.
  • Sekda DIY mencatat tuntutan pedagang dan berjanji akan menyelenggarakan audensi sebagai forum komunikasi antara pedagang dan pemerintah.

Yogyakarta, IDN Times - Puluhan pedagang kaki lima (PKL) dari Teras Malioboro 2 mendatangi Kantor Gubernur DIY yang berlokasi di Kompleks Kepatihan Pemda DIY, Jumat (2/8/2024).

Mereka menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut evaluasi rencana relokasi para PKL Teras Malioboro 2. Rencananya ribuan pedagang di area ini akan dipindah ke lapak baru di Beskalan dan Ketandan tahun 2025.

 

 

1. PKL meminta dilibatkan dalam forum diskusi

PKL Teras Malioboro Geruduk Kantor Gubernur Minta Dilibatkan DiskusiPKL Teras Malioboro 2 tuntut relokasi ditunda. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

PKL menuntut relokasi yang menyejahterakan dengan terlebih dulu dilakukan forum diskusi dua arah antara pemerintah dan pedagang. PKL selama ini mengaku tak pernah dilibatkan oleh Pemda DIY maupun Pemkot Yogyakarta soal rencana relokasi.

"Relokasi yang menyejahterakan, karena kita tidak pernah dilibatkan, tuntutan dari awal hingga akhir itu," kata Ketua Koperasi Tri Dharma, Arif Usman. 

"Harapanya kita dilibatkan dalam proses relokasi yakni tempat dan ukuran segala macam kita diajak bicara. Bagaimana kita menempati tempat yang kita tidak tahu, padahal kita adalah pelaku disitu," sambungnya.

2. Respons Pemda DIY

PKL Teras Malioboro Geruduk Kantor Gubernur Minta Dilibatkan DiskusiSekda DIY, Beny Suharsono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sekertaris Daerah (Sekda) DIY Beny Suharsono memastikan pemerintah mencatat setiap tuntutan pedagang. Ia berjanji akan menyelenggarakan audensi sebagai forum komunikasi antara pedagang dan pemerintah. "Semuanya dikomunikasikan, nanti audiensi dicatat baik," kata Beny.

Baca Juga: Sultan HB X Klaim Sudah Komunikasi ke PKL soal Relokasi

3. Desak penundaan proses relokasi

PKL Teras Malioboro Geruduk Kantor Gubernur Minta Dilibatkan DiskusiKericuhan melibatkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) dan petugas keamanan terjadi di area Teras Malioboro 2, Kota Yogyakarta, DIY, Sabtu (13/7/2024) malam. (Dokumentasi Istimewa)

Dalam aksi sebelumnya, puluhan PKL yang menggelar aksi demo di Teras Malioboro 2 menuntut pemerintah menunda kebijakan relokasi, Rabu (18/7/2024). Mereka menuntut penundaan waktu lantaran merasa tak pernah dilibatkan dalam kebijakan relokasi.

Relokasi PKL Teras Malioboro 2 merupakan kebijakan Pemda DIY, sementara Pemkot Yogyakarta menjadi pelaksananya. Para pedagang sejak tahun lalu beberapa kali meminta untuk diikutsertakan. 

PKL Teras Malioboro 2 menilai relokasi ke dua lokasi baru di Ketandan dan Beskalan bakal membuat penghasilan kian berkurang, padahal pendapatan mereka sudah menurun semenjak direlokasi dari area pedestrian menuju Teras Malioboro 2 pada 2022 silam.

Baca Juga: Kronologi PKL dan Personel Keamanan Malioboro Berujung Ricuh

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya