Pengerjaan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Dikebut

Pengerjaan mencapai 27 persen

Intinya Sih...

  • Pengerjaan konstruksi Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction, Sleman mencapai 27 persen per akhir Februari 2024.
  • Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman terus dikebut dengan konstruksi borepile dan box culvert.
  • Belasan box culvert sudah terealisasi sebanyak 17 unit dari total 22 unit yang dibutuhkan, sementara pembukaan lahan jadi fokus utama.

Sleman, IDN Times - Pengerjaan konstruksi Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction, Sleman mencapai 27 persen per akhir Februari 2024. "Sekarang sudah 27 persen pekerjaan," kata Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto, Jumat (1/3/2024).

 

1. Pengerjaan dikebut

Pengerjaan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman DikebutPengerjaan tol Yogya-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Sudah 27 Persen (Dokumentasi PT. Adhi Karya)

Agung menuturkan, pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman memang terus dikebut di awal tahun 2024. Pengerjaan konstruksi borepile hingga box culvert digencarkan di area penggarapan Tol Jogja-Solo. 

Memasuki pekan ke-34 proyek, konstruksi box sudah terealisasi sebanyak 17 unit dari total total 22 unit dibutuhkan. "(Sisa) lima itu sudah kita kerjakan semua, otw (dalam pengerjaan)," ujar Agung.

2. Ratusan borepile dibangun mulai awal Februari

Pengerjaan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman DikebutPengerjaan tol Yogya-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Sudah 27 Persen (Dokumentasi PT. Adhi Karya)

Agung melanjutkan, belasan box itu selain culvert terdiri dari box jalan desa dan jembatan. Box culvert, adalah beton berupa persegi berongga untuk drainase atau struktur underpass.

Sementara untuk borepile atau pondasi tiang per awal Februari 2024 sudah dibangun sebanyak 212 borepile elevated junction, 23 pilecap elevated junction dan 23 pier elevated.

"Masih (pengerjaan) borpile, sama kemarin itu mau sambung ke ring road, dari Tirtoadi ke Trihanggo di tikungan Ngawen mulai di situ," terangnya. 

Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek Tol Jogja-Bawen di Wilayah DIY Capai 88 Persen

3. Pembukaan lahan untuk konstruksi penyambung

Pengerjaan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman DikebutIlustrasi Jalan Tol Jawa. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Selain sektor konstruksi, menurut Agung, pembukaan lahan pada tanah yang sudah dibebaskan jadi fokus untuk segera dikerjakan.

Saat ini kontraktor mulai lakukan clearing alias pembersihan di area Trihanggo yang nantinya akan menyambung ke ring road.

Sementara pembersihan di area tengah jalan ring road harus ditunda sampai momen Lebaran usai. Penggarapan saat ini konsentrasi pada pembersihan lahan yang nantinya menjadi penghubung antara jalan tol di atas ring road tikungan Ngawen ke arah Tlogoadi.  "Strategi kita fokus di situ. Sama dari Nglarang ke timur sudah kita mulai sampai Sungai Bedog," pungkasnya.

Baca Juga: Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional Saat Lebaran Prambanan Jadi Perhatian

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya