5 Parpol di Kulon Progo Bangun Koalisi Gemuk demi Pilkada 2024

Masih berencana rangkul 6 parpol non parlemen.

Intinya Sih...

  • Lima partai politik di Kulon Progo sepakat membangun koalisi untuk Pilkada 2024.
  • Koalisi dibentuk karena kelima parpol tidak memiliki cukup kursi untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati sendirian.
  • Enam parpol non parlemen juga diajak bekerjasama dalam koalisi untuk memenangkan Pilkada Kulon Progo 2024.

Kulon Progo, IDN Times - Lima partai politik atau parpol di Kulon Progo, DIY, satu suara membangun koalisi untuk menghadapi Pilkada 2024 di wilayah mereka. Kelima parpol termaksud antara lain, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP serta PKS. Kelimanya baru saja menggelar 'Pertemuan Lima' di kantor sekretariat DPD Partai Golkar Kulon Progo, Jumat (24/5/2024).

1. Lima parpol kurang kursi

5 Parpol di Kulon Progo Bangun Koalisi Gemuk demi Pilkada 2024Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua DPC Partai Gerindra Kulon Progo, Lajiyo Yok Mulyono, menuturkan upaya membangun koalisi gemuk ini ditempuh lantaran kelima parpol ini tak cukup kursi untuk bisa sendirian mengusung calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup). Kata Lajiyo, jumlah perolehan kursi masing-masing dari lima parpol dalam Pemilu Legislatif Kulon Progo 2024 lalu cukup minim.

"Sehingga kami sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua partai, dan sore hari ini sudah berkumpul lima partai, tentunya untuk nanti bisa memenangkan terkait dengan Pilkada 2024," ujar Lajiyo.

2. Sudah gemuk, masih berencana tambah 6 lagi

5 Parpol di Kulon Progo Bangun Koalisi Gemuk demi Pilkada 2024Ilustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lajiyo melanjutkan, pihaknya telah mengajak enam parpol lain yang gagal lolos ke parlemen selain lima partai yang hadir di pertemuan kali ini. Keenam parpol non parlemen itu menyatakan bersedia bekerjasama memenangkan Pilkada Kulon Progo 2024.

"Ada enam partai nonparlemen yang sudah kami ajak rembukan, tapi hari ini tidak hadir (di pertemuan lima)," beber Lajiyo.

Baca Juga: Kustini-Harda Bersaing Perebutkan Rekom Parpol Maju Bupati Sleman

3. Total 19 kursi

5 Parpol di Kulon Progo Bangun Koalisi Gemuk demi Pilkada 2024Ilustrasi bendera parpol peserta pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan dibangunnya koalisi kelak, maka kelima parpol ini secara total akan memiliki 19 kursi hasil Pileg terakhir. Rinciannya, Golkar 5 kursi; Gerindra 6; Nasdem 1; PPP 2; dan PKS 5 kursi. Di luar lima parpol itu, masih ada PDIP yang sukses merengkuh 13 kursi, PKB 5 kursi, dan PAN 3 kursi.

Adapun Plt Ketua DPD Partai Golkar Kulon Progo, Lilik Syaiful Ahmad yang menyebut pertemuan lima partai hari ini, termasuk langkah mendirikan koalisi diinisiasi lewat komunikasi politik secara intens antara partainya dengan Partai Gerindra Kulon Progo.

"Ini adalah pertemuan yang diawali oleh beberapa pertemuan sebelumnya baik oleh Golkar maupun Gerindra yang akhirnya merumuskan sejumlah niatan untuk berkolaborasi, niatan untuk membangun komunikasi bersama, untuk bagaimana kita akan mengusung calon bupati dan wakil bupati. Harapannya ya kita menang," ucap Lilik.

Baca Juga: Mantan Bupati Tanah Laut Bakal Ramaikan Pilkada Kulon Progo

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya