Nekat Terjang Aliran Sungai, Mobil Wisatawan Terjebak di Kali Kuning

Terjebak selama sejam sebelum ditarik jip

Intinya Sih...

  • Mobil wisatawan terjebak di Kali Kuning, Sleman dan viral di media sosial.
  • Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi menyebut mobil tersebut terjebak karena nekat melintasi sungai.
  • Mobil dievakuasi setelah satu jam terjebak, dengan cara ditarik keluar menggunakan jip wisata.

Sleman, IDN Times - Sebuah mobil milik wisatawan terpaksa harus diderek usai terjebak di area Kali Kuning, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Momen terjebaknya mobil berwarna silver tersebut viral di media sosial. Dalam video beredar, kendaraan tersebut terlihat bergeming, sementara beberapa jip wisata lewat di sampingnya.

1. Buta medan, nekat meski sudah diberitahu

Nekat Terjang Aliran Sungai, Mobil Wisatawan Terjebak di Kali KuningIlustrasi jip wisata di kawasan Kaliurang, Sleman (IDN Times/Febriana Sinta)

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi, Dardiri menyebut insiden terjebaknya mobil berisi empat orang wisatawan tersebut terjadi pada Minggu (21/4/2024) siang kemarin.

"Mobil pribadi masuk di Kali Kuning, dia enggak tahu medannya akhirnya ya itu terjebak, macet," kata Dardiri pada Senin (22/4/2024).

Padahal, klaim Dardiri, rekan-rekan jip wisata sudah memperingatkan pengemudi mobil silver itu agar tak melintasi area sungai. "Sudah dibilangin jangan masuk, tapi nekat ya sudah," bebernya.

2. Ditarik usai sejam terjebak

Nekat Terjang Aliran Sungai, Mobil Wisatawan Terjebak di Kali KuningMobil milik wisatawan terjebak di Kali Kuning (dok. Istimewa)

Setelah kurang lebih satu jam terjebak di daerah aliran sungai, mobil itu akhirnya dievakuasi dengan cara ditarik keluar memakai salah satu unit jip wisata.

"Ditarik sama rekan-rekan jip. Begitu naik langsung dipesankan towing atau derek," kata Dardiri.

Baca Juga: Bus Wisata yang Alami Laka Tunggal di Jalan Imogiri Tak Laik Jalan

3. Bukan pemandangan asing

Nekat Terjang Aliran Sungai, Mobil Wisatawan Terjebak di Kali KuningIlustrasi jip wisata Merapi. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Sepenuturan Dardiri, kejadian macam ini bukanlah yang perdana. Kata dia, sudah ada beberapa kasus mobil terjebak di Kali Kuning, mulai dari Pajero sampai Fortuner. Kebanyakan kasusnya sama, yakni terjadi karena para wisatawan yang tak tahu medan tidak mengindahkan peringatan. Di satu sisi, edukasi juga sebenarnya terus disampaikan.

"Walau mobilnya bagus tapi kan mungkin untuk safety-nya kurang. Dalam arti kaya waterproof belum disiapkan, ingin coba-coba," ujar Dardiri.

"Sudah (edukasi), tapi kadang-kadang kita enggak usah masuk parkir diarahkan tapi pada nekat. Kan enggak tahu medannya, dalamnya seperti apa, dalamnya bagaimana, karena di air kan enggak bisa kelihatan. Kadang-kadang sudah sama yang jaga di sana pun dibilang jangan masuk tapi umpamanya pada cuek gitu tahu-tahu masuk ya sudah," keluh dia.

Baca Juga: 2 Anak Terjebak dalam Rumah, Saat Tempat Tinggalnya Roboh

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya