KPU Resmi Tetapkan 3 Paslon Pilkada Yogyakarta 2024

Ketiga paslon lakukan pengundian nomor urut hari ini

Intinya Sih...

  • Tiga pasangan calon resmi lolos Pilkada Yogyakarta
  • Rekam jejak paslon diketahui publik, pengundian nomor urut malam ini
  • Publik tak memberikan respons saat masa masa pengumuman hasil berkas pendaftaran

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta telah resmi menetapkan para peserta yang akan berkontestasi dalam Pilkada 2024.

Seperti saat pendaftaran kemarin, jumlah peserta Pilkada atau Pilwakot Yogyakarta tidak berubah. Akan ada tiga pasangan calon wali kota-wakil wali kota yang akan bertarung.

1. Tiga pasangan lolos pendaftaran Pilkada Yogyakarta

KPU Resmi Tetapkan 3 Paslon Pilkada Yogyakarta 2024Ketua KPU Kota Jogja, Noor Harsya Aryo Samudro. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamodro menuturkan, penetapan dilakukan usai ketiga paslon dinyatakan lolos tahapan verifikasi administrasi hingga pengecekan kesehatan.

Adapun tiga pasangan dimaksud yakni Afnan Hadikusumo-Singgih Raharja; Heroe Poerwadi-Sri Widya Supeno; dan Hasto Wardoyo-Wawan Harmawan. "Penetapan tadi kami gelar secara tertutup setelah berkas pendaftaran sudah melewati proses penelitian administrasi," kata Harsya, Minggu (23/9/2024).

2. Rekam jejak paslon diketahui publik

KPU Resmi Tetapkan 3 Paslon Pilkada Yogyakarta 2024Ilustrasi pemimpin (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Harsya melanjutkan, publik tak memberikan respons saat masa masa pengumuman hasil berkas pendaftaran ketiga paslon kemarin.

KPU mensinyalir sosok para paslon sudah cukup jelas di mata masyarakat dilihat dari rekam jejak masing-masing. Semisal, pernah menjabat sebagai penjabat wali kota, wakil wali kota, bupati, anggota DPD, termasuk dalam hal ini latar belakang pengusaha.

"Setelah penetapan itu kami lanjutkan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut besok (hari ini)," papar Harsya. 

 

Baca Juga: KPU Resmi Tetapkan 3 Paslon Pilkada Yogyakarta 2024 

3. Pengundian nomor urut paslon malam ini

KPU Resmi Tetapkan 3 Paslon Pilkada Yogyakarta 2024Ilustrasi pilkada. IDN Times

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Yogyakarta, Erizal sementara itu menuturkan bahwa para paslon akan menjalani pengundian nomor urut yang menjadi tahap terakhir pencalonan hari ini.

Kata Erizal, para paslon beserta pendukung telah diundang dalam rapat pleno pengundian nomor urut malam ini. Tapi, ia mengingatkan bahwa kapasitas kantor KPU Kota Yogyakarta sangat terbatas.

"Karena pelaksanaan di KPU Kota Yogyakarta, pasangan calon kami atur jumlah yang hadir. Kami imbau sesuai kapasitas di KPU dengan ditunjukkan ID card, sejumlah 28 orang di luar paslon," ujarnya. 

"Bila ada event mohon diadakan di posko masing-masing, sehingga kekhidmatan kegiatan berjalan baik. Ini (Jalan Magelang, lokasi Kantor KPU Yogyakarta) jalan nasional, tidak bisa ditutup," tutup Erizal.

Baca Juga: 4 Aktivitas Seru IShowSpeed di Jogja, Membatik hingga Jemparingan

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya