KPU DIY Targetkan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Selesai Agustus

Dari data coklit tak ada perbedaan signifikan pemilih pemula

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) selesai pada Agustus 2024.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengklaim, pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada 2024 lima kabupaten/kota se-DIY, telah selesai 100 persen. Sedangkan DPS segera diumumkan pada pekan awal Agustus.

 

 

1. Cek ulang coklit

KPU DIY Targetkan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Selesai AgustusKetua KPU DIY, Ahmad Shidqi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Shidqi mengatakan, susunan DPS akan diumumkan di awal Agustus, KPU akan menerima masukan dari warga.

"Nanti di minggu awal Agustus 2024 kita tetapkan DPS, kita akan umumkan untuk menerima masukan," kata Shidqi di Yogyakarta, Rabu (24/7/2024).

Shidqi menyebut meski coklit sudah selesai 100 persen, ia meminta KPU di kabupaten/kota tetap melakukan pemeriksaan ulang. "Kami masih berusaha menyempurnakan apabila masih ada warga yang belum tercoklit," katanya.

Shidqi juga meminta petugas KPU untuk memastikan mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

2. Tak ada perbedaan signifikan jumlah pemilih pemula

KPU DIY Targetkan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Selesai Agustusilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Shidqi memaparkan, tidak ada perbedaan jumlah signifikan antara pemilih pemula pada Pilkada 2024 dengan Pemilu 2024. "Dari data awal coklit yang masuk, dari hasil sinkronisasi data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4), tidak jauh berbeda dengan Pemilu 2024," katanya.

Shidqi juga menyebut jumlah mahasiswa dari luar daerah di Pemilu 2024 tak terlalu signifikan, sehingga tak banyak memberikan perbedaan.

Baca Juga: Bawaslu DIY Sebut Beban Kerja Pantarlih Pilkada 2024 Cukup Berat

3. Petugas Pantarlih diawasi ketat

KPU DIY Targetkan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Selesai AgustusIlustrasi Petugas Pantarlih didampingi Pengawas Kelurahan Desa (PKD), melakukan coklit dan pemasangan stiker ke rumah warga (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Terpisah, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Yogyakarta Siti Nurhayati mengatakan terdapat 45 pengawas pemilu kelurahan/desa yang dilibatkan untuk mengawasi kinerja petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

Untuk keakuratan data, Siti menyatakan pihaknya akan membandingkan data hasil coklit pantarlih dengan data yang diperoleh Bawaslu.

Baca Juga: 3 Kabupaten Darurat Sampah, TPA Piyungan Dibuka kembali

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya