Kesaksian Penumpang KA Argo Semeru yang Anjlok di Kulon Progo

Merasa kereta tergelincir

Kulon Progo, IDN Times - Beberapa penumpang menceritakan pengalamannya saat menumpangi gerbong KA 17 Argo Semeru yang mengalami anjlok di KM 520+5 Petak Jalan Sentolo-Wates, Sentolo, Kulon Progo, Selasa (17/10/2023).

1. Kereta terasa tergelincir

Kesaksian Penumpang KA Argo Semeru yang Anjlok di Kulon ProgoKereta Api Argo Semeru anjlok. (dok. BNPB)

Saat itu, Andi (26) yang hendak menuju Bekasi, duduk di gerbong 7 atau di bagian belakang. Ia mengaku perjalanan berlangsung normal sampai tiba-tiba kereta terasa seperti tergelincir.

"Rasanya kayak tergelincir gitu kita yang di gerbong belakang. Habis itu ketabrak atau kesenggol kereta yang seberangnya," kata dia.

Menurutnya, kecepatan kereta sudah berkurang karena sedang dalam proses pengereman. "Udah direm duluan, ada kereta lawan arahnya," ungkapnya.

2. Penumpang gerbong depan merasa kereta anjlok tiba-tiba

Kesaksian Penumpang KA Argo Semeru yang Anjlok di Kulon ProgoKereta Api Argo Semeru anjlok. (dok. BNPB)

Sementara itu, Sugeng Wiyanto (40), warga Sidoarjo, Jawa Timur, yang berada di gerbong kedua merasakan kereta tiba-tiba anjlok tanpa ada peringatan sebelumnya.

"Kebetulan saya di gerbong kedua. Untungnya tadi tuh kecepatan rendah, coba kalau tinggi, parah pasti," ucapnya.

Baca Juga: 7 Perjalanan Kereta Tertunda Akibat Anjloknya KA Argo Semeru

3. Penumpang melanjutkan perjalanan

Kesaksian Penumpang KA Argo Semeru yang Anjlok di Kulon ProgoKereta api Argo Semeru anjlok di Kabupaten Kulon Progo, Selasa (16/10/2023) siang ini. (Instagram/merapi uncover)

Para penumpang kemudian dievakuasi menggunakan KA Bandara YIA. Di lokasi kejadian, ratusan penumpang terlihat membawa barang bawaan masing-masing dan mengikuti arahan petugas untuk naik ke KA Bandara.

"Arahannya tadi naik ini (KA Bandara) ke Stasiun Wates," kata Andi. Berdasarkan info yang dia peroleh, penumpang akan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta lain sesampainya di Stasiun Wates.

Baca Juga: Kereta Anjlok, Perjalanan Prameks Jogja-Kutoarjo Distop Sementara

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya