2 Jemaah Asal Yogyakarta Wafat Usai Tunaikan Ibadah Haji

Lagi-lagi tak lepas dari faktor gelombang panas ekstrem

Intinya Sih...

  • Dua jemaah haji asal Yogyakarta meninggal dunia di Arab Saudi dalam kloter 47 SOC.
  • Keduanya wafat karena gelombang panas ekstrem dan dehidrasi setelah ibadah haji.
  • Mereka tidak dipulangkan ke Indonesia, dimakamkan di Mekkah sesuai regulasi setempat.

Yogyakarta, IDN Times - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta melaporkan dua jemaah haji asal Kota Gudeg meninggal dunia di Arab Saudi. Keduanya jemaah haji itu tergabung dalam kloter 47 SOC. Masing-masing teridentifikasi sebagai Basuki DM Darmowiyarjo (74), warga Umbulharjo dan Tri Gunarsih (63), warga Kotagede.

1. Wafat usai pelaksanaan ibadah haji

2 Jemaah Asal Yogyakarta Wafat Usai Tunaikan Ibadah HajiSuasana Jabal Rahmah jelang Wukuf di Arafah, Sabtu (15/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Kepala Seksi Pelaksanaan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Muhammad Tahrir mengatakan, kedua jemaah haji itu wafat sekitar sepekan lalu usai melakukan prosesi ibadah di Armuzna.

"Meninggal dunia setelah selesai pelaksanaan ibadah, jadi mereka sudah haji," kata Tahrir, Minggu (30/6/2024).

2. Cuaca ekstrem jadi salah satu pemicu

2 Jemaah Asal Yogyakarta Wafat Usai Tunaikan Ibadah HajiSuasana Jabal Rahmah jelang Wukuf di Arafah, Sabtu (15/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Menurut Tahrir, gelombang panas ekstrem yang melanda Tanah Suci menjadi salah satu penyebab meniggalnya kedua jemaah haji tadi. Kata Tahrir, cuaca panas di sana memicu dehidrasi sehingga menurunkan daya tubuh para jemaah haji.

"Apalagi kedua jemaah (wafat) ini sudah memiliki penyakit bawaan," sambungnya.

Kedua jemaah haji sempat mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Al-Wadi, Mina sebelum mengembuskan nafas terakhirnya dan dimakamkam di Mekkah sesuai regulasi setempat.

"Jamaah haji yang meninggal tidak dipulangkan ke Indonesia namun dimakamkan di Mekkah. Sebelum itu, mereka disalatkan terlebih dahulu di Masjidil Haram," jelas Tahrir.

Baca Juga: Ratusan Pelajar Bantul Pentaskan Tari Kolosal di PKB 2024

3. Jadwal kepulangan tiga kloter asal Jogja

2 Jemaah Asal Yogyakarta Wafat Usai Tunaikan Ibadah HajiIlustrasi penerbangan di YIA. (IDN Times/Herka Yanis)

Wafatnya dua orang tadi menyisakan 348 jemaah haji saja pada kloter 47 SOC yang dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali pada Sabtu (6/7/2024) pukul 05.45 WIB mendatang.

Setibanya di bandara, mereka akan menuju Asrama Donohudan, Boyolali untuk transit sejenak sebelum diantar menuju Balai Kota Yogyakarta dan dijemput keluarga masing-masing.

Adapun dua rombongan lain yakni dari kloter 46 SOC dengan tiga jemaah tiba di Bandara Adi Soemarmo pada hari yang sama pukul 00.45 WIB. Sementara kloter 52 SOC berjumlah enam jemaah mendarat di bandara yang sama pada Minggu (7/7/2024) pukul 14.45 WIB.

Demi menjaga kondisi fisik para jemaah hingga hari kepulangan mereka, Tahrir menyebut para dokter pendamping selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara intensif.

"Tiap kloter ada dokter pendampingnya, mereka rutin melakukan pemeriksaan kesehatan misalnya cek tensi, agar jika terjadi sesuatu dengan para jemaah dapat diantisipasi sejak dini," bebernya.

Kendati, Kemenag tetap meminta kesediaan para jemaah haji untuk senantiasa menjaga kondisi fisik masing-masing, sekalipun rangkaian ibadah haji 2024 telah selesai.

Baca Juga: Warga Indonesia Terus Kucurkan Bantuan untuk Palestina

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya