Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Diklaim Aman Dilalui saat Mudik 2024

Per jam diperkirakan bakal dilewati seribu kendaraan

Sleman, IDN Times - Tol Yogyakarta-Solo yang dibuka secara fungsional dari Colomadu, Karanganyar, sampai dengan Ngawen, Klaten, diklaim aman dilalui pada periode mudik Lebaran 2024.

Jalur ini memiliki panjang 22 kilometer, atau lebih panjang dibandingkan saat pengoperasiannya secara fungsional kala momen libur Nataru tahun 2023.

 

1. Bakal dilintasi 1000 kendaraan per jam

Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Diklaim Aman Dilalui saat Mudik 2024Tol Yogyakarta-Solo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) selaku pengelola jalan Tol Solo-Jogja-YIA menerangkan, saat pelayanan libur Nataru, jalur yang yang dibuka secara fungsional mulai dari Colomadu sampai Karanganom sepanjang 13 kilometer. PT JMJ berhasil menambah panjang jalan hingga 9 kilometer pada periode mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo sepanjang 22 kilometer, memiliki perkerasaan kaku (rigid pavement) di kedua jalur sepanjang 13 kilometer.

Sementara 9 kilometer sisanya untuk rigid pavement, baru diselesaikan pada satu jalur saja. Akan tetapi, PT JMJ memastikan jalur fungsional ini aman untuk dilewati. 

"Kami memprediksi volume lalu lintas yang akan melewati jalur fungsional ini mencapai 1.000 kendaraan/jam. Sehingga dengan jalur yang lebih panjang, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat," kata Rudy dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024). 

"Karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Jogja," sambungnya.

 

2. Dirikan posko lebaran, siapkan toilet dan SPBU mobile

Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Diklaim Aman Dilalui saat Mudik 2024Tol Yogyakarta-Solo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Menurut Rudy, PT JMJ telah menyiapkan petugas untuk mengawal operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo agar berjalan lancar.

PT. JMJ menyediakan Posko Lebaran 2024 di GT Banyudono, Pos Pantau di KM 13+000 dan KM 19+000, serta Posko Kepolisian dan Dishub di Akses Colomadu, Banyudono, Karanganom serta Ngawen.

"Untuk pengguna jalan yang ingin rehat sejenak atau ingin ke toilet, kami juga menyediakan layanan toilet dan SPBU mobile di sepanjang jalur fungsional," ungkapnya.

Apabila pengendara mengalami keadaan darurat, PT. JMJ menyediakan sarana prasarana dan fasilitas pendukung seperti Mobile Customer Service (MCS), ambulance, rescue, serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat.

"Selain itu PT JMJ telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah dan rambu informasi lainnya," imbuh Rudy.

Baca Juga: Tol Jogja-Solo Dibuka, Polda DIY Prediksi Kawasan Prambanan Akan Padat

3. Pahami aturan dan jam operasionalnya

Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Diklaim Aman Dilalui saat Mudik 2024Jalan tol Jogja-Solo seksi Klaten-Purwomartani sepanjang 42,3 km. (dok. Kementerian PUPR)

Tak kalah penting, Rudy mengimbau masyarakat memahami aturan pada jalur fungsional yang diklaim mampu menghemat waktu tempuh pengendara hingga 25 menit, karena tak perlu melewati 15 titik lampu APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas). 

Menurut Rudy, pengoperasian jalur fungsional ini akan berbeda saat periode arus mudik dan balik Lebaran 2024. Pada saat periode mudik tanggal 5-11 April 2024, jalur fungsional ini akan berlaku satu arah dari Colomadu menuju Ngawen. Sedangkan pada periode arus balik, tanggal 12-15 April 2024, jalur fungsional Tol Jogja-Solo akan berlaku satu arah dari Ngawen menuju Colomadu.

"Pada periode tersebut, kami membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo ruas Colomadu – Ngawen dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB," terang Rudy.

Aturan berikutnya, lanjut Rudy, hanya kendaraan Golongan I non bus atau kendaraan kecil saja yang diperbolehkan melintas jalur fungsional sepanjang periode arus mudik dan balik lebaran 2024. Kendaraan yang menggunakan jalur ini bakal dibatasi kecepatannya.

"Untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 km/jam," pungkas Rudy.

Baca Juga: Penggunaan Alat Berat Proyek Tol Jogja-Solo Disetop Demi Pemudik

Baca Juga: 5 Resep Minuman Jahe Redakan Mual di Perjalanan, Cocok Dibawa Mudik

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya