10 Gerbong KA Semeru yang Anjlok di Wates Berhasil Dievakuasi

Kondisi kompartemen layanan ala 'sultan' masih aman.

Kulon Progo, IDN Times - Sejumlah gerbong KA Argo Semeru yang sempat anjlok di kilometer 520 +4 Petak Jalan Sentolo, Wates, Kulon Progo, berhasil dievakuasi pada Selasa (17/10/2023) malam. Evakuasi melibatkan sejumlah arat berat yang dikerahkan ke lokasi kejadian.

1. Sepuluh kereta dievakuasi

10 Gerbong KA Semeru yang Anjlok di Wates Berhasil DievakuasiProses evakuasi KA Argo Semeru yang anjlok di Wates, Kulon Progo. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Manager Humas KAI DAOP 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, upaya evakuasi melibatkan 4 unit crane, 1 Kereta Penolong, serta 1 MTT. Di samping itu puluhan petugas juga masih terus berusaha untuk menormalisasi jalur perlintasan.

Hingga pukul 22.50 WIB, lanjut Kris, ada 1 kereta Pembangkit, 5 kereta eksekutif, dan 1 kereta Suite Class Compartment yang berhasil dievakuasi ke Stasiun Wates

"Terus ada 3 kereta eksekutif dievakuasi ke Stasiun Sentolo. Total kereta yang sudah dievakuasi 10 kereta," kata Kris, Selasa malam.

2. Kondisi Suite Class Compartment

10 Gerbong KA Semeru yang Anjlok di Wates Berhasil DievakuasiUpaya evakuasi gerbong KA Argo Semeru yang anjlok di Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (17/10/2023) (Dok. KAI Daop 6)

Kris juga mengungkap kondisi kereta Suite Class Compartment yang baru pekan lalu diresmikan sebagai bagian dari KA Argo Semeru.

Menurut dia, kereta kompartemen dengan layanan mewah tersebut masih aman secara fisik walaupun sempat ikut anjlok.

"Anjlok saja ya, (kerusakan) tidak ada, bagian bawahnya aja, bogie (sistem roda kereta api) yang perlu diperiksa," beber Kris.

Baca Juga: KAI Ungkap Kondisi KA Argo Semeru Sebelum Anjlok di Kulon Progo

3. Puluhan penumpang alami luka

10 Gerbong KA Semeru yang Anjlok di Wates Berhasil DievakuasiUpaya evakuasi gerbong KA Argo Semeru yang anjlok di Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (17/10/2023) (Dok. KAI Daop 6)

KAI juga mencatat jumlah penumpang KA Argo Semeru yang mengalami luka imbas kejadian ini. Kata Kris, 32 korban luka ringan dan semua sudah diberikan layanan kesehatan.

'Daop 6 Yogyakarta memohon maaf atas gangguan perjalanan KA imbas dari peristiwa ini. Daop 6 memohon doa kepada masyarakat agar jalur KA dapat segera dinormalisasi sehingga lalu lintas KA dapat pulih kembali," imbuhnya.

Baca Juga: 1 Korban KA Anjlok di Kulon Progo Jalani Rawat Inap di RS

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya