Faskes di Sleman Siaga Penuh saat Libur Lebaran, Jaga Para Bumil

Salah satu prioritas, antisipasi kegawatdaruratan maternal

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman memastikan fasilitas kesehatan (faskes) di wilayahnya tak akan libur, dan siaga penuh sepanjang momentum libur lebaran 2024.

Seluruh faskes disiagakan mulai 7-15 April 2024 mengantisipasi persoalan kesehatan warga Sleman, termasuk para pemudik.

"Selama cuti bersama hari raya Idulfitri, Dinas Kesehatan Sleman beserta fasilitas layanan kesehatan akan terus meningkatkan kesiapsiagaan sumber daya pelayanan," kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Jumat (29/3/2024).

1. Puskesmas rawat inap buka 24 jam

Faskes di Sleman Siaga Penuh saat Libur Lebaran, Jaga Para BumilBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) Polio di Donoharjo, Ngaglik, Jumat (19/1/2024). (Dok. Istimewa)

Kustini menjelaskan, salah satu faskes yang beroperasi penuh adalah puskesmas dengan fasilitas rawat inap. Mereka akan tetap buka 24 jam. Sedangkan puskesmas non rawat inap beroperasi pukul 07.30 - 20.00 WIB.

Jadwal piket di luar jam kerja meliputi, dokter, bidan atau perawat, dan administrasi. "Puskesmas siap sedia memberikan pertolongan pertama pada penyakit dan kecelakaan, termasuk ambulans serta pengemudi yang siaga 24 jam," sambung Kustini.

2. Kedaruratan maternal bisa langsung dirujuk

Faskes di Sleman Siaga Penuh saat Libur Lebaran, Jaga Para Bumililustrasi ibu hamil (pexels.com/RDNE Stock project)

Langkah siaga penuh ini, kata Kustini, untuk mengantisipasi kasus kedaruratan maternal atau kelahiran, persalinan, dan masalah lainnya sepanjang cuti bersama.

Jika terjadi kasus kedaruratan maternal, pasien langsung dirujuk ke Rumah Sakit Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (RS PONEK), seperti RSUP Dr. Sardjito, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RSKIA Sadewa. Kemudian masih, RSU Sakina Idaman, RSA UGM, dan RSU PKU Muhammadiyah Gamping. 

Baca Juga: Pencuri Beraksi di Sleman Gondol 62 Laptop

3. Identifikasi HPL

Faskes di Sleman Siaga Penuh saat Libur Lebaran, Jaga Para Bumililustrasi tenaga kesehatan (unsplash.com/@mufidpwt)

Menurut Kustini, pihak puskesmas sudah mendata ibu hamil kategori risiko tinggi dengan Hari Perkiraan Lahir (HPL) rentang 7-15 April 2024.

Kustini turut memastikan para petugas kesehatan selalu berkoordinasi dengan pihak RS PONEK.

Di samping itu, lanjut Kustini, masih ada beberapa faskes yang ditunjuk untuk rujukan akan situasi kegawatdaruratan. Mereka antara lain, RSUP Dr. Sardjito, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RSA UGM, RS PKU Muhammadiyah Gamping, RS Bhayangkara, RS PDHI Kalasan, RS Pantirini, RS JIH, dan RS Panti Nugroho.

"Ada pula RS Puri Husada, RSU At Turots, RS Mitra Sehat, dan RS Queen Latifa," pungkas Kustini.

Baca Juga: 4 Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Sibuk Main Online Game, Bikin Mager

Baca Juga: 8 Referensi Dress ala Selebgram untuk Ibu Hamil, Tetap Kece

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya