Dugaan Pelecehan Anggota BEM UNY Ternyata Hoaks, 1 Mahasiswa Ditangkap

Polisi tak menemukan korban pelecehan seksual

Sleman, IDN Times - Polda DIY memastikan kasus pelecehan seksual mahasiswa baru oleh anggota BEM UNY sebagai hoaks alias berita bohong.

Polisi menetapkan seorang mahasiswa berinisial RAN (19), warga Tegalrejo, Kota Yogyakarta sebagai tersangka, dan menahan atas dugaan penyebaran berita bohong serta pencemaran nama baik.

 

1. Pelaku akui perbuatannya

Dugaan Pelecehan Anggota BEM UNY Ternyata Hoaks, 1 Mahasiswa DitangkapKapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Idham Mahdi (kiri). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Idham Mahdi menyebut RAN ditangkap berdasarkan hasil penyelidikan polisi.

"Yang bersangkutan (RAN), berdasarkan keterangannya telah mengakui perbuatannya bahwa yang bersangkutan adalah yang memposting di akun X @UNYmfs," kata Direskrimsus Polda DIY Kombes Pol Idham Mahdi, Senin (13/11/2023).

 

2. Tak temukan korban pelecehan

Dugaan Pelecehan Anggota BEM UNY Ternyata Hoaks, 1 Mahasiswa DitangkapIlustrasi pelecehan seksual (IDN Times/Aditya Pratama)

Idham juga menyebut polisi sudah berupaya mencari sosok korban sejak unggahan pengakuan mahasiswa baru jadi korban pelecehan ini viral di media sosial X (Twitter).

Akan tetapi, pencarian polisi sejak tanggal 10-11 November 2023 tak membuahkan hasil. Sosok korban tak kunjung ditemukan. Bahkan MF, anggota BEM UNY yang dituduh sebagai pelaku melapor ke Polda DIY, Minggu (12/11/2023).

"Sampai dengan saat ini kami dari jajaran Ditreskrimsus, belum ada laporan yang diduga sebagi korban dari postingan tersebut," ujar Idham.

3. Viral dugaan pelecehan dibantah anggota BEM

Dugaan Pelecehan Anggota BEM UNY Ternyata Hoaks, 1 Mahasiswa DitangkapIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, sebuah narasi berisi dugaan kasus kekerasan seksual yang disebut dilakukan oleh salah seorang pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) beredar di media sosial X (Twitter).

Akun @laavanyaisvara mengunggah dua buah tangkapan layar yang sempat diunggah oleh akun @UNYmfs. Seorang mahasiswa baru mengaku menjadi korban pencabulan oleh kakak tingkat yang dikenal lewat sebuah acara fakultas.

Mahasiswa baru tersebut mengaku selama ini bungkam karena selalu diancam oleh terduga pelaku. Bahkan sampai berkali-kali dilukai hingga membuatnya berniat mengakhiri hidup. Dia juga mengunggah percakapan dengan sosok terduga pelaku di aplikasi WhatsApp.

Mahasiswa baru tersebut tak berani menguak identitas terduga pelaku. Akan tetapi mencantumkan nomor induk mahasiswa yang lantas mengarahkan banyak warganet kepada sosok berinisial MF, anggota BEM FMIPA UNY angkatan 2023.

Menurut dekanat, kampus telah memintai keterangan langsung dari MF, yang bersangkutan membantah tudingan telah melakukan pelecehan seksual.

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya