Cerita Mahfud Bantu Cari Dana Renovasi Asrama Madura di Jogja

Asrama Trunojoyo berdiri sejak 1953 dan perlu direnovasi

Intinya Sih...

  • Mahfud MD meresmikan asrama mahasiswa Madura 'Trunojoyo' di Yogyakarta, perlu direnovasi karena rusak parah.
  • Renovasi didanai penuh oleh Tanoto Foundation, berdasarkan permintaan Mahfud dan keluarga Madura Yogyakarta.
  • Asrama ini dapat menampung hingga 25 orang mahasiswa asal Madura yang dipilih secara selektif dan tinggal gratis selama empat tahun.

Yogyakarta, IDN Times - Eks Menko Polhukam RI, Mahfud MD, meresmikan asrama mahasiswa Madura 'Trunojoyo' yang berlokasi di Tegalpanggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, DIY, Senin (20/5/2024).

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh, antara lain perwakilan dari Kraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, dan perwakilan dari Yayasan Dharmasiswa Madura (YDM), dan Country Head Tanoto Foundation Indonesia, Inge Sanitasia Kusuma.

1. Jembatani komunikasi, sampaikan pesan lewat prasasti

Cerita Mahfud Bantu Cari Dana Renovasi Asrama Madura di JogjaMahfud MD memimpin peresmian asrama mahasiswa Madura 'Trunojoyo'. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dalam sambutannya, Mahfud mulanya berterima kasih kepada Keraton Yogyakarta yang mempersilakan Tanah Kasultanan (Sultan Ground) untuk tempat berdirinya asrama ini dengan status HGB.

Mahfud bercerita, Asrama Mahasiswa Madura Yogya telah ada di Tegalpanggung sejak 1953. Keluarga Madura Yogyakarta (KMY) kemudian menemui Mahfud dan mengajaknya merenovasi bangunan asrama yang sudah rusak parah.

Singkat cerita, Mahfud menjembatani rencana renovasi gagasan KMY dengan jajaran Tanoto Foundation yang kenal baik dengannya. Tanoto Foundation pun sepakat menjadi donatur penuh.

"Saya yakin kalau saya menyampaikan bahwa asrama Madura perlu sebuah bangunan, tidak sulit. Sehingga saya hubungi teman-teman Tanoto Foundation dan langsung direspons. Tidak ada kaitannya dengan politik, ini murni untuk pendidikan," kata Mahfud.

Hingga akhirnya pada Agustus 2023 lalu dilaksanakan pelatakan batu pertama pembangunan Asrama Mahasiswa Madura Trunojoyo yang juga dihadiri Mahfud.

Hari ini, Mahfud meneken prasasti peresmian asrama selaku perwakilan tokoh Madura. Dia pun menyertakan kalimat pepatah Madura yang diharapkan mampu jadi bekal proses pendidikan para mahasiswa. Bunyinya 'Mon Ta' Jhujhur Ojur, Mon Jhujhur Pojur'. Artinya, 'Kalau tidak jujur ya hancur, kalau jujur Insyaa Allah beruntung'.

"Untuk itu asrama Madura ini saya berharap karena ini asrama mahasiswa maka nanti pendidikan yang harus banyak dikembangkan yang terpenting adalah bagaimana moral dan etika itu dihidupkan sebagai sukma dari pergaulan-pergaulan dalam hidup bermasyarakat. Tanpa moral dan etika itu akan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," pesannya.

2. Larang jadi wadah berpolitik praktis

Cerita Mahfud Bantu Cari Dana Renovasi Asrama Madura di JogjaMahfud MD memimpin peresmian asrama mahasiswa Madura 'Trunojoyo'. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sebagai penutup, Mahfud pun berpesan agar seluruh aktivitas yang berpusar pada asrama ini murni untuk kepentingan pendidikan. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi sekaligus guru besar UII itu mengharampkan asrama dipergunakan untuk wadah kegiatan politik.

"Karena ini adalah lembaga pendidikan, investasi untuk masa depan bangsa. Bukan untuk satu kegiatan politik tertentu, tidak boleh ini nanti diwarnai dengan kegiatan-kegiatan politik praktis di sini. Akan kita awasi, karena politik ada lapangannya sendiri, pendidikan ada jiwanya sendiri," pungkas mantan cawapres Pilpres 2024 itu.

Baca Juga: Progres Proyek Tol Jogja-Solo Alami Perkembangan Signifikan

3. Kriteria mahasiswa asrama Trunojoyo

Cerita Mahfud Bantu Cari Dana Renovasi Asrama Madura di JogjaMahfud MD memimpin peresmian asrama mahasiswa Madura 'Trunojoyo'. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ketua tim Hukum dan Advokasi LBH Arya Wiraraja yang juga menjadi bagian masyarakat Madura di Yogyakarta, Mustofa menjelaskan bahwa asrama mahasiswa Trunojoyo ini dibangun dengan dua lantai. Kata dia, bangunan asrama mampu menampung hingga 25 orang dan peruntukkannya khusus bagi mahasiswa asal Madura.

"Mahasiswa yang bisa masuk ke asrama diseleksi, mereka merupakan mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi. Mereka bisa tinggal di asrama selama empat tahun secara gratis," ucapnya.

Sementara itu Country Head Tanoto Foundation Indonesia, Inge Sanitasia Kusuma mengatakan, ini adalah kali pertama bagi Tanoto Foundation memberi bantuan penuh bagi pembangunan asrama mahasiswa. Kata dia, di level pendidikan tinggi, Tanoto Foundation biasanya menyalurkan bantuan dalam wujud beasiswa, pelatihan kepemimpinan, dan pembangunan sarana prasarana di dalam institusi pendidikan.

Misi dari pembangunan asrama ini adalah mendukung pendidikan para mahasiswa khususnya yang berasal dari Madura. Tanoto Foundation berharap dengan infrastruktur baru ini para mahasiswa Madura di Yogya lebih semangat menempuh pendidikan, sehingga di masa akan datang lahir pemimpin-pemimpin yang bisa berkontribusi untuk Indonesia.

Baca Juga: Mahfud: Kecurangan Vertikal Kembali Terjadi sejak Pemilu 2019

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya