2 Pengunjung Nyaris Selundupkan Pil Koplo ke Lapas Yogyakarta

Mereka tak saling kenal, tapi datang nyaris bersamaan

Intinya Sih...

  • Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan penyelundupan obat terlarang oleh dua oknum pengunjung WBP.
  • 74 butir trihexyphenidyl diselundupkan, 8 butir di saku AA dan 66 butir diisolasi di betis EF.
  • AA dan EF tak saling kenal, meskipun datang hampir bersamaan, keduanya diamankan petugas ke Polresta Yogyakarta.

Yogyakarta, IDN Times - Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan obat terlarang oleh oknum pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (26/3/2024) siang. Dua orang diamankan dari peristiwa kali ini.

1. Dua orang bawa pil koplo

2 Pengunjung Nyaris Selundupkan Pil Koplo ke Lapas YogyakartaUpaya penggagalan penyelundupan pil koplo ke Lapas Yogyakarta. (Dok. Humas Lapas Yogyakarta)

Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Soleh Joko Sutopo menuturkan, pihaknya mengamankan 74 butir trihexyphenidyl atau sering disebut pil sapi atau pil koplo yang coba diselundupkan oleh dua orang oknum pengunjung. Kedua masing-masing berinisial AA dan EF.

Menurut Soleh, AA kedapatan membawa 8 butir pil koplo di sakunya, sementara EF menyembunyikan 66 butir pil koplo dengan cara diisolasi di kedua betis kakinya dan ditutup celana panjang.

"Ada dua peristiwa dalam waktu yang hampir bersamaan," ujar Soleh dalam keterangannya, Selasa malam.

2. Tak saling kenal

2 Pengunjung Nyaris Selundupkan Pil Koplo ke Lapas YogyakartaUpaya penggagalan penyelundupan pil koplo ke Lapas Yogyakarta. (Dok. Humas Lapas Yogyakarta)

Upaya dugaan penyelundupan ini terbongkar setelah petugas jaga mencurigai bungkusan plastik yang ada di saku celana pada pengunjung AA dan di betis kaki pada pengunjung EF sebelum dilakukan penggeledahan. Setelah terkonfirmasi, AA dan EF langsung diamankan petugas ke Ruang Kesatuan Pengamanan untuk dimintai keterangan.

Setelahnya diketahui jika AA dan EF tak saling kenal, sekalipun datang hampir bersamaan. Dua warga binaan yang hendak dikunjungi keduanya pun tak mengenali satu sama lain.

Baca Juga: 6 Pemuda di Jogja Diamankan saat Konvoi, 1 Bawa Pil Koplo

3. Diserahkan ke polisi

2 Pengunjung Nyaris Selundupkan Pil Koplo ke Lapas YogyakartaUpaya penggagalan penyelundupan pil koplo ke Lapas Yogyakarta. (Dok. Humas Lapas Yogyakarta)

Selanjutnya, pihak lapas berkoordinasi dengan Polsek Pakualaman. Pada hari yang sama diserahkan pula barang bukti dan kasus ini ke Polresta Yogyakarta. Soleh mengapresiasi jajarannya dan pihak kepolisian yang telah bergerak cepat menggagalkan upaya masuknya obat terlarang tersebut ke area lapas.

"Hal ini wujud komitmen petugas lapas dalam mengimplementasikan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum khususnya dalam hal ini kepolisian, serta back to basic atau mengembalikan tugas dan fungsi Pemasyarakatan sebagaimana mestinya, terutama di Bulan Ramadan ini," tutupnya.

Baca Juga: Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan 120 Ballpress Pakaian Bekas

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya