WhatsApp Bupati Sleman Diretas, Pelaku Kirim Pesan Minta Uang 

Peretasan diduga sejak pukul 23.30 WIB

Sleman, IDN Times - Nomor WhatsApp milik Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo diretas. Pelaku peretasan diduga memakai nomor Kustini untuk melakukan aksi penipuan.

 

1. Diduga diretas sejak Senin malam

WhatsApp Bupati Sleman Diretas, Pelaku Kirim Pesan Minta Uang Ilustrasi peretasan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kustini mengatakan, dirinya tak bisa lagi mengakses nomor WhatsApp miliknya sejak Selasa (9/5/2023) pagi. Dia menduga nomornya telah diretas pada Senin (8/5/2023) jelang tengah malam.

"Saya tahunya pagi tadi. Saat mau buka WA, itu sudah ke logout (keluar). Ini pertama kalinya berhasil diretas. Sebelumnya selalu gagal," kata Kustini.

2. Puluhan kode OTP masuk sejak pukul 23.30 WIB

WhatsApp Bupati Sleman Diretas, Pelaku Kirim Pesan Minta Uang Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (Dok. Humas Pemkab Sleman)

Selepas dilakukan pemeriksaan oleh asisten pribadi Kustini, diketahui terdapat puluhan kode One Time Password (OTP) yang masuk ke pesan nomor miliknya sejak semalam.

"Kemungkinan pelaku mengacak OTP-nya. Soalnya di pesan sms nomor saya itu masuk puluhan kode OTP sekitar pukul 23.30 WIB. Berarti upaya masuknya sejak waktu itu," terang Kustini.

Baca Juga: Akun Twitter Bupati Sleman Kena Suspend, Sempat Diretas

3. Dipakai untuk minta uang

WhatsApp Bupati Sleman Diretas, Pelaku Kirim Pesan Minta Uang Ilustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Kustini mengungkap nomor miliknya yang telah diretas, sudah digunakan untuk berkirim pesan. Ada beberapa pihak yang telah mendapatkan pesan untuk dimintai sejumlah uang dengan modus diberikan kepada keponakan Kustini. 

Kustini mengklaim telah memberikan klarifikasi dan menyampaikan untuk mengabaikan pesan tersebut. Ia meminta masyarakat agar waspada dan menunggu informasi selanjutnya.

"Ini sedang diperbaiki, semoga bisa diambil alih lagi. Apabila ada masyarakat yang menerima WA dari nomor saya, itu jelas dari penipu," pungkas Kustini.

Baca Juga: Polres Bantul Buru Penipu yang Catut Nama Wabup Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya