[UPDATE] 20 April, Pasien Positif COVID-19 di DIY Bertambah 2 Kasus

PDP berusia 11 tahun meninggal dunia

Yogyakarta, IDN Times - Selain dua penambahan pasien positif COVID-19 di DI Yogyakarta, dua orang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman dilapokan meninggal dunia pada Sabtu (18/4) dan Minggu (19/4).

Satu dari PDP itu adalah seorang anak berumur 11 tahun.

Baca Juga: [UPDATE] 19 April, 4 PDP COVID-19 di DIY Meninggal Dunia

1. Didiagnosa alami pneumonia

[UPDATE] 20 April, Pasien Positif COVID-19 di DIY Bertambah 2 KasusIlustrasi petugas medis menggunakan pakaian hazmat (ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS)

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih menyebut, anak 11 tahun itu meninggal pada Minggu (19/4) malam saat berada dalam penanganan instalasi gawat darurat (IGD) sebuah rumah sakit yang tak disebutkan.

"Diagnosa pneumonia berat tetapi catatan RS tidak menyebutkan riwayat perjalanan," kata Berty dalam keterangan resminya, Senin (20/4).

Sedangkan satu orang PDP lainnya, meninggal 18 April 2020 lalu. Almarhum adalah seorang laki-laki warga Sleman usia 34 tahun.

"Dia mulai dirawat 17 April 2020. Tidak ada riwayat perjalanan, hanya secara klinis sesak nafas," ungkap Berty.

Tambahan ini membuat jumlah PDP yang meninggal saat masih uji lab berjumlah 15 orang. Hanya bertambah satu dibanding kemarin, lantaran ada yang dinyatakan negatif.

2. Tambahan dua pasien positif

[UPDATE] 20 April, Pasien Positif COVID-19 di DIY Bertambah 2 KasusUpdate data pasien COVID-19 di DI Yogyakarta, 20 April 2020. Twitter.com/humas_jogja

Dalam laporan Berty, terungkap adanya penambahan dua kasus pasien positif per 20 April 2020. "Sehingga jumlah kasus positif COVID-19 di DIY adalah 69 kasus," kata Berty.

Dua pasien baru ini masuk ke dalam kasus 70 dan 71. Mengingat terdapat dua kasus yang pasiennya ditarik ke daerah asal masing-masing. Yakni, kasus 17 di Kebumen dan 37 ke Pemalang.

Dijelaskan Berty, pasien untuk kasus 70 adalah seorang perempuan berumur 50 tahun. Kemudian, kasus 71 pasiennya adalah seorang laki-laki berusia 17 tahun. Keduanya warga Kota Yogyakarta.

"Dari laporan rumah sakit hanya dituliskan kontak dengan pasien positif. Sedang dilakukan pelacakan lebih lanjut oleh tim tracing Dinkes Kota Yogyakarta," beber Berty.

3. Satu pasien dinyatakan sembuh

[UPDATE] 20 April, Pasien Positif COVID-19 di DIY Bertambah 2 KasusGaris hijau merupakan grafik pasien yang sembuh (Johns Hopkins CSSE)

Tidak semua yang disampaikan Berty hari ini kabar buruk. Berita baiknya adalah satu orang pasien positif dinyatakan sembuh.

"Kasus 15, pasien perempuan, 59 tahun, warga Sleman," kata Berty.

Tambahan kasus positif dan kasus sembuh menjadikan catatan yang ada kini berubah. Dari total 69 kasus pasien positif di DIY, 34 pasien masih ditangani di rumah sakit. Sementara 28 orang dinyatakan pulih dari COVID-19.

Baca Juga: Begini Penampakan Virus Corona Ketika Masuk ke Tubuh Manusia

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya