UGM Bantah Mahasiswanya Mesum di Lokasi KKN

Diakui langgar tata krama, mahasiswanya sudah dapat teguran

Yogyakarta, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) membantah mahasiswanya melakukan perbuatan mesum saat proses atau di lokasi KKN.

Direktur Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) UGM, Rustamaji mengatakan, pihaknya telah melakukan investigasi dan hasil sementara tidak ditemukan unsur perbuatan mesum dari dua mahasiswa termaksud.

"Itu kejadiannya tidak seheboh yang diberitakan, tidak terjadi yang dahsyat gitu," kata Rustamaji saat dihubungi, Senin (3/7/2023).

Persoalan ini sendiri sebelumnya sempat viral di media sosial. Berbagai narasi menyebutkan kedua mahasiswa kepergok saat sedang mesum, hingga unit KKN mereka dipulangkan seluruhnya.

1. Menyalahi tata krama setempat

UGM Bantah Mahasiswanya Mesum di Lokasi KKNUniversitas Gadjah Mada. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Rustamaji menyebut tim dari DPkM telah terjun ke lokasi KKN mahasiswa termaksud, yakni Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, Senin siang. Dari hasil investigasi, didapati temuan bahwa lokasi kejadian ada di kediaman milik lurah setempat. Kata Rustamaji, waktunya lima hari yang lalu.

Hasil investigasi, lanjut Rustamaji, tak menemukan indikasi perbuatan mesum dari kedua mahasiswa termaksud. Akan tetapi, dia tak menyangkal jika tindakan mereka kemungkinan memang menyalahi adat atau norma masyarakat setempat.

"Mungkin yang namanya adik-adik (mahasiswa) mungkin ada bersentuhan tangan, atau apa gitu dan itu kalau di lokasi kurang pas ya," ujar Rustamaji.

2. Situasi dianggap tak memungkinkan

UGM Bantah Mahasiswanya Mesum di Lokasi KKNIlustrasi bergandengan tangan sesuai arti tembang kinanthi (pexels.com/Git Stephen Gitau)

Rustamaji juga menyebut berdasarkan hasil investigasi sementara, kecil kemungkinan kedua mahasiswa bisa berbuat sedemikian jauh menimbang situasi di lokasi kejadian.

"Tidak seperti mesum itu kan kesannya apa, bukan gitu lah. (Kedua mahasiswa) di ruang tamu dan saat itu barusan Bu Lurah masuk ke ruang dalam, kira-kira seperti itu, sangat singkat dan temannya salat di ruang yang lain sehingga tidak semesum yang kita bayangkan," papar dia.

"Tapi kejadian yang sebenarnya saya belum bisa menyampaikan karena belum ada hasil (investigasi)," sambung Rustamaji sembari menegaskan pemeriksaan lebih lanjut masih terus bergulir.

Pihak yang memergoki kemudian melaporkan keduanya ke perwakilan kampus di lokasi KKN. Setelahnya, mereka oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) diberikan teguran dan bimbingan.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Diduga Mesum di Lokasi KKN, Pihak Kampus Investigasi

3. Tidak dipulangkan

UGM Bantah Mahasiswanya Mesum di Lokasi KKNLogo UGM. (ugm.ac.id)

Selain itu, Rustamaji membantah rumor soal para mahasiswa tersebut yang dipulangkan karena dianggap telah berbuat mesum. Keduanya, beserta anggota lain di unit KKN yang sama masih diperkenankan melanjutkan program kuliah lapangannya.

"Diskusi dengan lurah dan tokoh masyarakat sepertinya masih akan lanjut karena yang bersalah tidak seluruhnya," imbuh Rustamaji.

Rustamaji dalam kesempatan ini juga menyampaikan permohonan maaf UGM kepada masyarakat setempat atas kegaduhan ini. Dia juga berpesan kepada mahasiswa KKN lainnya agar selama mengabdi kepada masyarakat, tak mengabaikan tata krama serta norma masyarakat setempat atau secara umum.

"Kami sampaikan permohonan maaf ugm kepada masyarakat di lokasi terkait kejadian ini di mana ini di luar perkiraan kami, sehingga kami mohon maaf karena menyinggung kondisi di sana," tutupnya.

Baca Juga: Alat Deteksi Dini TBC Antarkan Dosen UGM ke Lindau Nobel Laurete

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya