Teras Malioboro Dikunjungi 24 ribu Orang per Hari saat Libur Lebaran

Kampung wisata juga jadi jujugan pengunjung

Intinya Sih...

  • Teras Malioboro mencatat 24 ribu pengunjung per hari selama libur Lebaran 2024
  • Kampung wisata seperti Purbayan, Cokrodiningratan, dan Rejowinangun juga mendapat peningkatan kunjungan
  • Taman Pintar Yogyakarta mencapai rata-rata 3.137 pengunjung per hari selama libur Lebaran 2024

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menyebut jumlah pengunjung Teras Malioboro menyentuh angka 24 ribu pengunjung setiap harinya sepanjang periode libur Lebaran 2024 kemarin. Informasi itu disampaikan oleh Analis Kebijakan Muda Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Krismono Adjie. Menurut dia, jumlah keseluruhan kunjungan ke Kota Gudeg selama libur Lebaran ini memang meningkat dibanding tahun lalu. 

"Masih akan ada jumlah kenaikan dilihat dari suasananya. Tidak hanya di kawasan Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton) saja. Tetapi wisatawan juga menyambangi hingga ke destinasi museum," kata Kris dikutip dari keterangan resmi Pemkot Yogyakarta.

1. Efek media sosial, kampung wisata kecipratan

Teras Malioboro Dikunjungi 24 ribu Orang per Hari saat Libur LebaranKampung Wisata Purbayan (Dok. Humas Pemkot Jogja)

Kris menambahkan, berdasarkan pengamatan pihaknya, wisatawan juga banyak berdatangan ke kebun binatang GL Zoo dan destinasi wisata lainnya macam Taman Pintar, Malioboro, dan Kraton Yogyakarta. Ia menilai, penambahan jumlah kunjungan ini berkat adanya media sosial. Bahkan, angka wisatawan ke sejumlah kampung wisata di Yogyakarta turut mengalami peningkatan.

"Wisatawan saat ini sudah modern update di sosial media, rata-rata paling banyak di kunjungi ke Kampung Wisata Purbayan, Cokrodiningratan, dan Rejowinangun," bebernya.

Di lain sisi, lanjut Kris, ketiga kampung wisata tadi diserbu wisatawan lantaran namanya yang sudah familiar dan juga memiliki rekam jejak penghargaan kampung wisata yang berskala Nasional.

2. Kamwis tak cepat puas

Teras Malioboro Dikunjungi 24 ribu Orang per Hari saat Libur LebaranKampung Wisata Purbayan (Dok. Humas Pemkot Jogja)

Sementara itu, Ketua Kampung Wisata (Kamwis) Purbayan, Ruli Setiawan mengklaim jumlah kunjungan di kamwis kelolaannya mengalami peningkatan 2024 ini. Sekalipun dirasa tidak signifikan, namun demikian angkanya bisa mencapai 1.966 orang.

Kata Ruli, Masjid Besar Mataram yang ada di kawasan Kotagede menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi. Belum lagi sentra kerajinan perak di sana.

"Semoga tidak hanya saat libur Lebaran saja Kamwis Purbayan dikunjungi wisatawan, tetapi disaat hari-hari biasa atau saat libur kerja wisatawan bisa mengunjungi dan menikmati wisata yang ada di Kamwis Purbayan," harapnya. 

Baca Juga: Libur Lebaran, Volume Kendaraan di Kota Yogyakarta Melebihi Prediksi

3. Tunjukkan tren peningkatan, sekalipun tak signifikan

Teras Malioboro Dikunjungi 24 ribu Orang per Hari saat Libur LebaranIlustrasi kunjungan di Taman Pintar Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Terpisah, Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta, Karmila, membeberkan kunjungan wisata di Taman Pintar sepanjang libur Lebaran 2024 mencapai rata-rata 3.137 pengunjung per hari.

Dia berujar, tren kunjungan kurang lebih sama tapi memang ada kenaikan jumlah kunjungan pada libur Lebaran kali ini.

"Hitungan tersebut mulai dari H+2 Lebaran jika tahun lalu rata-rata sebanyak 2.172 pengunjung per hari, pada Lebaran tahun ini mencapai angka 3.137 kunjungan per hari. Di mana seperti momen Lebaran sebelumnya, pengunjung didominasi oleh rombongan keluarga dari luar kota," ujar Karmila.

Baca Juga: Libur Lebaran, Volume Sampah di DIY Bertambah 65 Ton

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya