Comscore Tracker

Sujiwo Tejo Minta Gibran-Bobby Mundur dari Pilkada demi Etika

Ia menilai kepercayaan masyarakat sudah mulai luntur

Yogyakarta, IDN Times - Menkopolhukam Mahfud MD bersilaturahmi bersama puluhan seniman di Warung Bu Ageng, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, pada Sabtu (29/8/2020) malam. 

Dalam kesempatan itu, seniman sekaligus budayawan, Sujiwo Tejo, menitipkan pesan kepada Mahfud untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Mahfud MD: Indonesia Hampir Dipastikan Resesi

1. Minta Gibran dan Bobby mundur

Sujiwo Tejo Minta Gibran-Bobby Mundur dari Pilkada demi EtikaDok. Gibran Rakabuming Raka

Sujiwo Tejo berpesan kepada Jokowi, ia meminta agar putranya, Gibran Rakabuming Raka mundur dari Pilwakot Solo 2020. Termasuk, menantunya, Bobby Nasution yang akan bertarung di Pilwakot Medan 2020.

"Mbok anak sama mantu itu mundur, Pak, dari pencalonan Pilkada," ujar pria berusia 57 tahun itu.

2. Demi kembalinya kekompakan masyarakat

Sujiwo Tejo Minta Gibran-Bobby Mundur dari Pilkada demi EtikaPresiden Jokowi membagikan paket sembako di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sujiwo Tejo menyebut, melenggangnya dua sosok anggota keluarga presiden dalam kontestasi pemilihan kepala daerah itu berpengaruh besar terhadap kepercayaan masyarakat kepada pemerintah yang kini ia rasa perlahan sirna.

Akibatnya, langkah pemerintah dan masyarakat kini jadi tak seirama. Bahkan, di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Di awal-awal (pandemi COVID-19) kita itu punya energi kreatif yang saling bantu, di awal-awal COVID-19 itu. Makin lama kok enggak ada. Antara lain, dugaan saya karena orang-orang di atas itu dalam tanda kutip patut dipertanyakan," katanya.

Dia meyakini rasa saling curiga satu sama lain akan hilang dan kekompakan masyarakat akan kembali seiring mundurnya Gibran dan Bobby dari Pilkada.

"SK-nya sudah turun ya pak? Karena dengan itu (mundur) kita akan percaya lagi," ujar pria kelahiran Jember, Jawa Timur itu.

"Kalau sana (Gibran dan Bobby) mundur, kita akan kompak lagi, pak. Karena melihat ini buat bangsa," sambung dia.

3. Susi Pudjiastuti juga ingin Gibran mundur

Sujiwo Tejo Minta Gibran-Bobby Mundur dari Pilkada demi EtikaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dikatakan Sujiwo Tejo, bukan hanya dirinya seorang yang menginginkan Gibran dan Bobby mundur. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun demikian.

Susi, menurut Sujiwo Tejo, bahkan sampai mengontaknya lima kali dalam dua hari. Membicarakan soal Gibran agar mundur dari Pilkada Solo.

"Mas Tejo, tolong itu you punya sahabat itu, kasih tahu bapak, kan dia deket sama bapak. Apa pesannya? Itu yang Solo suruh mundur," ucap Sujiwo Tejo sambil menirukan gaya bicara Susi.

4. Demi etika

Sujiwo Tejo Minta Gibran-Bobby Mundur dari Pilkada demi EtikaSujiwo Tejo saat silaturahmi bersama puluhan seniman di Warung Bu Ageng, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Sabtu (29/8/2020). IDN Times/Tunggul Damarjati

Kendati demikian, Sujiwo Tejo mengaku tetap menghargai hak politik Gibran, mencalonkan diri atau dicalonkan jadi bakal calon kepala daerah.

"Kalau memang enggak bisa mundur secara hukum tidak apa-apa, setiap warga negara punya hak. Tapi kan di atas hukum kalau enggak salah ada etika. Jadi itu aja, kenapa kita kok jadi saling curiga lagi," tutupnya.

Baca Juga: Wadul ke Mahfud, Butet Kecewa Cara Salah Satu Menteri Maknai Seniman

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya