Comscore Tracker

PSIM dan Timnas U-23 Siap Jajal Pemain Baru di Trofeo HB X 2019

Bali United coba turunkan pemain muda

Yogyakarta, IDN Times - Pelatih PSIM Yogyakarta, Aji Santoso akan menurunkan beberapa pemain yang belum pernah ia jajal pada Trofeo Hamengku Buwono X 2019, Minggu (8/9) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

Dalam kompetisi yang turut diikuti tim elite Liga 1, Bali United dan Tim Nasional Sepak bola Indonesia U-23 ini, menurut Aji, bisa jadi momen berharga bagi skuadnya untuk mendapatkan pengalaman bermain lebih.

"Saya akan tanya apakah boleh pergantian bebas. Kalau bebas, coba beri waktu, porsi jam terbang ke pemain yang belum pernah main untuk, pertandingan ini cukup penting. Supaya pemain yang biasanya main reguler Liga 2 kali ini dapat pengalaman berharga," kata Aji saat sesi jumpa pers di Stadion Mandala Krida, Sabtu (7/9/2019).

1. Jajal kiper baru

PSIM dan Timnas U-23 Siap Jajal Pemain Baru di Trofeo HB X 2019IDN Times/Tunggul Kumoro

Indra, katanya, juga bakal memanfaatkan kesempatan bertanding di Trofeo untuk menurunkan kiper anyar yang baru saja diboyong PSIM, Aji Bayu Putra.

Di satu sisi, ia kemungkinan juga akan mengistirahatkan kiper utama I Putu Pager, yang performa kurang apiknya tengah disorot. Menyusul penampilannya di 2 laga terakhir Liga 2 2019 kontra Mitra Kukar dan Persik Kediri.

"Sebenarnya sih Pager gak ingin lakukan kesalahan, di dalam sepak bola bisa terjadi. Gak hanya di Indonesia. Mungkin Pager terlalu banyak main dan perlu istirahat, besok akan mencoba penjaga gawang baru," kata Aji membela anak asuhnya itu.

Baca Juga: PSIM Yogyakarta Versus Persik Kediri Berakhir Ricuh, 100 Orang Luka

2. Tetap main maksimal

PSIM dan Timnas U-23 Siap Jajal Pemain Baru di Trofeo HB X 2019Twitter/@PSIMJOGJA

Meski hanya pertandingan uji coba, Indra menginginkan anak-anak asuhnya tetap tampil optimal. Laga ini, katanya, sekaligus sebagai latihan dan pemanasan untuk pertandingan berikutnya pada Liga 2 nanti.

"Yang jelas targetnya anak-anak harus tampil maksimal dan tampil bagus. Kalah menang nanti, tapi jangan kalah juga. Tetap fight, tujuan utama ambil pelajaran lawan level yang lebih tinggi dan jangan sampai cedera," kata Aji.

3. Timnas juga mainkan pemain baru

PSIM dan Timnas U-23 Siap Jajal Pemain Baru di Trofeo HB X 2019IDN Times/Tunggul Kumoro

Senada dengan Aji, Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri juga berniat memainkan para pemain baru atau yang belum lama ia panggil untuk bergabung dalam skuad persiapan SEA Games 2019 di Filipina. Seperti Irkham Zahrul Mila dan Sidik Saimima.

"Pasti akan dapat porsi (bermain) lebih banyak. Pemain-pemain baru yang benar-benar baru ya," katanya.

Sementara untuk target dalam kompetisi ini, kata Indra murni uji coba. "Jadi melihat bagaimana para pemain yang direkrut ini kualitasnya seperti apa, terutama yang baru-baru tadi," pungkasnya.

4. Bali United bawa 20 pemain

PSIM dan Timnas U-23 Siap Jajal Pemain Baru di Trofeo HB X 2019IDN Times/Tunggul Kumoro

Sementara, Pelatih Bali United, Stefano 'Teco' Cuggura mengatakan, kompetisi akan jadi momen evaluasi sebelum putaran kedua Liga 1 2019 bergulir.

"Bagus buat kita secara pertandingan untuk evaluasi tim kita yang kurang dan yang bagus. Juga kita bisa lihat yang individu-individu," kata Pelatih kelahiran Rio de Janeiro, Brasil ini.

Bali United sendiri datang ke Yogyakarta dengan membawa 20 pemainnya, minus sejumlah legiun yang cedera.

"Kita bawa 20 pemain yang paling siap, yang pemain cedera, seperti beberapa pemain asing cedera tidak bisa kita bawa ke sini. Terus ada beberapa pemain juga di timnas. Saya pikir 20 pemain di sini siap main besok, ada pemain muda juga bagus buat mereka buat punya kesempatan main besok," tandasnya.

Baca Juga: Tampil Apik, Pelatih PSS Puji Performa Pemain Asingnya

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You