PP Muhammadiyah Ucapkan Selamat ke Pemenang Pilpres 2024

Turut hormati penggugat hasil Pemilu ke MK

Intinya Sih...

  • PP Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada pemenang Pemilu 2024 yang ditetapkan KPU RI.
  • Muhammadiyah tetap menghormati pihak yang mengajukan gugatan ke MK sebagai solusi konstitusional, damai, dan elegan.
  • Muhammadiyah meminta agar MK bekerja lebih profesional dan imparsial dalam mengadili sengketa pemilu.

Yogyakarta, IDN Times - Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada para kontestan pemenang di Pemilu 2024. Ucapan selamat itu tertuang dalam pernyataan resmi PP Muhammadiyah Nomor: 002/PER/I.0/I/2024 tentang Hasil Pemilu 2024. Surat itu diteken oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum, Abdul Mu'ti, Jumat (22/3/2024).

1. Selamati presiden-wakil presiden terpilih

PP Muhammadiyah Ucapkan Selamat ke Pemenang Pilpres 2024Prabowo Subianto mengucap syukur atas hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang memenangkan dirinya bersama Gibran Rakabuming (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam pernyataan tersebut, Muhammadiyah menyelamati pemenang gelaran Pilpres serta Pileg yang ditetapkan secara resmi oleh KPU RI berdasarkan hasil pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

"Menyampaikan selamat kepada anggota legislatif DPR, DPRD II, DPRD I, DPD, dan Presiden-Wakil Presiden terpilih dengan tetap menunggu penyelesaian sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK)," tulis pernyataan itu.

"Mereka yang terpilih niscaya berjiwa negarawan dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab mengemban dan melaksanakan amanat rakyat yang
sangat berat," lanjutnya.

2. Hormati penggugat ke MK

PP Muhammadiyah Ucapkan Selamat ke Pemenang Pilpres 2024Konferensi Pers Ganjar-Mahfud soal akan gugat ke MK mengenai hasil rekapitulasi KPU pada Kamis (21/3/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Masih dalam pernyataan itu, Muhammadiyah menyatakan tetap menghormati para pihak yang mengajukan gugatan ke MK.

Langkah ini mereka anggap sebagai solusi konstitusional, damai, dan elegan dengan kesadaran bahwa keputusan lembaga tinggi negara itu bersifat final dan mengikat untuk dipatuhi semua pihak.

"Mengajak masyarakat untuk menyikapi hasil pemilu sebagai realitas politik dan konsekuensi logis dari sistem demokrasi yang dipilih oleh bangsa Indonesia. Karena itu, dengan berbagai catatan kritis, masyarakat dapat menerima hasil pemilu dengan arif, bijaksana, dan legawa," tulis pernyataan itu.

Baca Juga: Pesan Haedar Nashir untuk MK Hingga Pemenang Pemilu 2024

3. Pesan buat MK

PP Muhammadiyah Ucapkan Selamat ke Pemenang Pilpres 2024Ilustrasi Mahkamah Konstitusi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Terakhir, Muhammadiyah meminta kepada MK agar bekerja lebih profesional dan imparsial dalam mengadili dan memutus sengketa pemilu. Penyelesaian sengketa pemilu yang adil dan objektif dinilai Muhammadiyah sebagai solusi dan memberikan kepastian politik.

"Bagi MK penyelesaian sengketa pemilu dengan jujur dan amanah merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja, memperbaiki citra, dan memulihkan kepercayaan publik yang selama ini menurun," tutupnya.

KPU pada Rabu (20/3/2024) kemarin telah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Keduanya menang satu putaran dengan mengantongi 96,2 juta suara atau 58,5 persen dari total suara sah.

Ganjar merespons putusan resmi KPU dengan memastikan akan mengambil langkah hukum di Mahkamah Konstitusi (MK).

Merespons hal itu, kubu Anies Baswedan-Muhaimmin Iskandar lewat tim hukumnya telah mengajukan gugatan sengketa pemilu ke MK.

Salah satu permohonan dalam gugatan mereka adalah meminta supaya pemungutan suara pilpres diulang tanpa keikutsertaan Gibran sebagai calon wakil presiden. Hal itu disebut demi menghindari cawe-cawe Presiden Joko Widodo (Jokowi), ayah Gibran.

Sementara kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD berencana mendaftarkan gugatan sengketa pemilu ke MK besok.

Baca Juga: Sri Sultan HB X Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya