Hujan Angin, Pohon Beringin di Alun-Alun Utara Yogyakarta Tumbang

Terjadi insiden pohon tumbang di sejumlah titik 

Yogyakarta, IDN Times - Sejumlah pohon di wilayah Kota Yogyakarta roboh usai diterjang hujan lebat yang disertai angin kencang, Jumat (1/4/2022). Salah satunya adalah pohon beringin di sekitar Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

1. Ada dua pohon beringin yang roboh di sekitar Alun-alun Utara

Hujan Angin, Pohon Beringin di Alun-Alun Utara Yogyakarta TumbangPohon tumbang di Alun-alun Utara. (twitter.com/Upil_Jaran2)

Berdasarkan laporan BPBD Kota Yogyakarta, hujan lebat disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 15.45 WIB. Dampaknya, dua pohon beringin di Kompleks Dwi Sata Warsa Alun-alun Utara, Ngupasan, Gondomanan, roboh.

"Yang Alun-alun itu kan juga belum selesai (evakuasi)," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Yogyakarta, Petrus Singgih Purnomo, saat dihubungi, Jumat (1/4/2022) malam.

Menurut Singgih, proses evakuasi ini membutuhkan waktu. Mengingat tinggi ukuran pohon beringin yang masing-masing mencapai 20 meter dan 15 meter. Diameternya untuk masing-masing pohon 2,5 meter dan 2 meter.

Imbas peristiwa ini adalah jaringan listrik di wilayah sekitar yang padam karena tiang listrik tertimpa pohon. Akses jalan sempat terhalang sementara waktu.

"Sudah (pohon) besar, kena kabel-kabel. Tadi info sempat mati lampu, tadi yang di area Taman Pintar kan juga mati. Kayanya ini sudah mulai ada yang nyala," imbuhnya.

2. Timpa rumah dan mobil

Hujan Angin, Pohon Beringin di Alun-Alun Utara Yogyakarta TumbangIlustrasi mobil tertimpa pohon tumbang. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Berdasarkan laporan BPBD Kota Yogyakarta, peristiwa pohon roboh juga terjadi di Jalan Letjen Suprapto, Ngampilan.

Satu pohon menimpa rumah hingga menyebabkan dua penghuninya mengungsi. Sementara satu kejadian lagi pohon menimpa mobil salah seorang warga setempat.

3. Total 10 titik

Hujan Angin, Pohon Beringin di Alun-Alun Utara Yogyakarta TumbangIlustrasi pohon tumbang. IDN Times/Imam Rosidin

Masih berdasarkan laporan yang sama, tercatat ada 10 kejadian pohon roboh. Termasuk yang disebutkan di atas.

Rinciannya, di sekitar Alun-alun Utara dan Pelataran Masjid Gedhe Kauman (Gondomanan); Jalan Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk (Danurejan); Jalan Munggur dan Jalan Yos Sudarso (Gondokusuman); Jalan Letjen Suprapto (Ngampilan).

Hingga saat ini tak ada laporan soal jatuhnya korban jiwa akibat serangkaian peristiwa ini.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya