Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Kelar 2025

Penghubung Tol Yogya-Bawen dan Yogya-Solo Kelar 2025

Intinya Sih...

  • Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Junction (JC) Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo diperkirakan selesai tahun depan.
  • Progres konstruksi terbagi dalam zona at grade dan elevated, dimana zona at grade sudah mencapai layer terakhir di daerah Pundong.
  • Pengerjaan ruas tol konstruksi elevated tinggal menunggu pemasangan girder, dengan target rampung sesuai rencana untuk Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo dan Seksi 6 Ambarawa - Bawen.

Sleman, IDN Times - Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Junction (JC) Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo di Sleman, DIY diperkirakan selesai dibangun tahun depan. Infrastruktur penghubung Tol Yogyakarta-Bawen dengan Tol Yogyakarta-Solo tersebut pembangunannya sudah mencapai 60 persen saat ini.

"Kalau melihat kondisi mungkin akan selesai 100 persen di tahun depan," kata Health Safety Environment Coordinator Tol Jogja-Bawen Seksi 1, Muhammad Helmy Ilhamsyah, Kamis (21/3/2024).

1. Zona et grade sudah maksimal

Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Kelar 2025Pembangunan proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen. (dok. Kementerian PUPR)

Secara garis besar, progres penggarapan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 dibagi dalam zona at grade atau timbunan dan zona elevated atau melayang.

"Zona at grade timbunan kita beberapa ada yang sudah mencapai layer terakhir itu di daerah Pundong, itu sudah mencapai ketinggian maksimal," jelas Helmy.

Zona at grade adalah jalur tol yang konstruksinya menempel dengan tanah. Lahan yang ada diratakan dan dipadatkan dengan material timbunan. Di Sleman, material timbunan yang disusun ini lah yang telah sampai pada lapisan terakhir sebelum nanti masuk ke tahap berikutnya seperti pengerasan jalan.

"Belum sampai aspal, masih timbunannya. Ketinggiannya sudah layer terakhir untuk yang di daerah Pundong itu sebagian sudah ada yang mencapai top level," tutur Helmy.

2. Zona elavated tinggal girder

Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Kelar 2025Pembangunan proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen. (Dok. PT JJB)

Sedangkan untuk ruas tol konstruksi elevated atau melayang di Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Junction Sleman-Simpang Susun Banyurejo, menurut Helmy, pengerjaannya cuma tinggal menunggu pemasangan girder.

Girder adalah balok panjang terbuat dari beton atau baja yang dipasang melintang di antara dua pilar penyangga. Girder akan dipasang antara pilar penyangga tol satu dan lainnya.

"Untuk elevated itu mungkin besok atau Jumat akan ada erection. Jadi kita sudah sampai portal tinggal pemasangan girder itu di daerah Bantulan atau Sonoharjo atau di dusun Bokong kalau enggak salah," bebernya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Dikebut Sebelum Lebaran

3. Prioritas pembangunan saat ini

Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Kelar 2025Pembangunan proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen. (Dok. PT JJB)

Sebelumnya Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen, A.J. Dwi Winarsa menuturkan, sesuai dengan target dan prioritas pembangunan di proyek Jalan Tol Yogyakarta - Bawen, pekerjaan konstruksi yang sekarang ini menjadi prioritas adalah konstruksi untuk Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo dan Seksi 6 Ambarawa - Bawen. Panjang masing-masing seksi tersebut yakni 8,8 kilometer dan 5,12 kilometer.

Konstruksi untuk kedua seksi ini targetnya rampung sesuai rencana, sehingga akan bisa beroperasi terlebih dahulu.

Progres konstruksi Seksi 6 Ambarawa - Bawen yang saat ini sedang dikerjakan meliputi pembersihan lokasi kerja, timbunan tanah, borpile serta pelebaran pada akses on/off ramp Bawen.

"Pada proses pembebasan lahan Seksi 6 Ambarawa - Bawen Provinsi Jawa Tengah terdapat 4 Desa yang terdampak Proyek Jalan Tol Yogyakarta - Bawen, yaitu Desa Kandangan, Desa Doplang, Kelurahan Bawen dan Desa Kupang dimana sebagian besar bidang juga sudah dilakukan pembayaran UGR," imbuh Dwi akhir Februari lalu.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek Tol Jogja-Bawen di Wilayah DIY Capai 88 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya